PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA KELAS X DI SMK MA’ARIF NU DORO

Authors

  • Fildzah Shabrina Ramadhani Kusyanto Universita Pekalongan
  • Fahrudin Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v12i01.6593

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara teks anekdot menggunakan media video pada siswa kelas X di SMK Ma’arif NU Doro. Rumusan permasalahan ini adalah bagaimanakah pembelajaran keterampilan berbicara teks anekdot pada siswa kelas X di SMK Ma’arif NU Doro. Sehingga metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Untuk data perimer meliputi wawancara dan modul ajar, sedangkan data sekunder meliputi data nilai, hasil video, dan dokumentasi proses pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara teks anekdot menggunakan media video di kelas X TKJ 2 berjalan dengan lancar dan sebagian peserta didik mendapatakan nilai diatas KKM. Pembelajaran keterampilan ini digunakan untuk melatih kemampuan keterampilan berbicara peserta didik dalam menyampaikan sebuah aspirasi dikalangan masyarakat menggunakan media video melalui media sosial yaitu TikTok. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Kata Kunci : keterampilan berbicara, media video, dan teks anekdot.

Downloads

Published

2024-07-27
Abstract viewed = 65 times