MENINGKATKAN POTENSI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING
MENINGKATKAN POTENSI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk .mengetahui tingkat efektifitas proses perkuliahan melalui model cooperative learning (perkuliahan kooperatif) tipe STAD, dan Meningkatkan Potensi dan Kemampuan Berbicara mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH Bengkulu Tahun Akademik 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk : 1)Memberikan sumbangan upaya peningkatan mutu fakultas khususnya Jurusan Pendidikan Geografi , 2)Memberikan motivasi bagi rekan – rekan dosen untuk senantiasa melakukan upaya-perbaikan dalam melakukan proses perkuliahan, 3) Meningkatkan potensi belajar mahasiswa sehingga meningkatkan hasil belajar. Metode Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi setiap siklus. Teknik pengumpulan data secara kelompok dengan melakukan pengamatan selama proses perkuliahan berlangsung, sedangkan teknik pengumpulan data individu memberikan 5 butir soal kepada mahasiswa dengan skor penilaian yang sama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Terjadi peningkatan efektifitas proses perkuliahan melalui model cooperative learning (perkuliahan kooperatif) tipe STAD ). 2)Terjadi peningkatan kemampuan Berbicara dalam kerja kelompok dan tugas mandiri. melalui model cooperative learning (perkuliahan kooperatif) tipe STAD pada mahamahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH Bengkulu. Pada siklus pertama nilai rata – rata kelas 5,6 sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan nilai rata – rata kelas menjadi 7,1
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.