NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KESENIAN DONGENG ANDEI-ANDEI REJANG DI KABUPTEN BENGKULU UTARA
Abstract
Abstrak
Andei-Andei Rejang adalah cerita/dongeng, yaitu bentuk kesenian bercerita atau berdongeng sebelum tidur, cara penyampaian ceritanya bisa saja tanpa dilagukan, bercerita sebelum tidur ini sudah menjadi kebiasaan orang-orang tua suku rejang tempo dulu. Rumuskan permasalahan dari penelitian ini adalah Apa saja nilai-nilai sosial dalam kesenian dongeng Andei-Andei Rejang di Bengkulu Utara?tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui Apa saja nilai-nilai sosial dalam kesenian dongeng Andei-Andei Rejang di Bengkulu Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai sosial yang terdapat dalam dongeng Andei-Andei Rejang “kacea dan kersip†diatas dapat dipahami bahwa terdapat nilai-nilai sosial: (a) Nilai tolong menolong 1 kutipan, (b) Nilai kasih sayang 1 kutipan, (c) Nilai kepedulian 1 kutipan, (d) Nilai kepedulian 1 kutipan, (e) Nilai setia kawan 1 kutipan. Dongeng Andei-andei Rejang berjudul “Kacea ngen Beuk†terdapat satu nilai sosial, yaitu: (a) Nilai kepedulian 1 kutipan, (b) Nilai toleransi 1 kutipan, (c) Nilai kasih sayang 1 kutipan. Dongeng Andei-andei Rejang berjudul “Be’uk besanan dengan kuo†terdapat satu Nilai sosial, yaitu: : (a). Nilai tolong menolong 1 kutipan, (b). Nilai kasih sayang 1 kutipan. Dongeng Andei-andei Rejang berjudul “Olok Lai†terdapat dua nilai sosial, yaitu: (a). Nilai tolong menolong 1 kutipan. Dongeng Andei-andei Rejang berjudul “Beuk sebisan ngen Kuo†terdapat satu nilai sosial, yaitu: (a). Nilai tolong menolong 1 kutipan. Dongeng Andei-andei Rejang berjudul “Anak Lumang Bguau Ngajai†terdapat dua nilai sosial, yaitu: : (a). Nilai kepedulian 1 kutipan, (b). Nilai sopan santun 1 kutipan.
Kata Kunci : nilai-nilai, Kesenian, dongeng andei-andei rejangReferences
DAFTAR FUSTAKA
Aditya Rendy, 2017. Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Deskripsi Berbahasa Mandarin Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurnal Paramasastra Volume. 4, Nomor. 1, Maret 2017, ISSN 2355-4126 e-ISSN 2527-8754
Affendi Rosi, 2018. Implementasi Pendidikana Karakter Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Smk 1 Bengkulu Utara. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Anggraini Kristi, 2019. Nilai Budaya dalam Kearifan Lokal (Cerita Rakyat) Legenda Bukit Kaba Curup Kabupaten Rejang Lebong. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Anggraeni, P.R.(2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesia Juornal of sociology, Education, and Development, (Volume.1, Nomor.2, juli-Desember 2019)
Deliani.S. dkk. 2019. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Pada Mahasiswa Pps Pendidikan Bahasa Indonesia UMN Al Washliyah. Jurnal: Universitas Muslim Nusantara
Erianjoni, 2017. Pengembangan Materi Ajar Sosiologi Tentang Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal di Kota Padang. Jurnal socius: journal of sociologi research and education volume.4, Nomor.2, Tahun.2017, /ISSN : Online 2442-8663_ print 2356-4180
Gumilang, G.S. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling Volume.2, Nomor.2, Agustus 2016 Hlm.144-156
Hartono Rudi, 2019. Prosa dan Puisi Rakyat Suku Rejang Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Jurnal Ilmiah Korpus, volume. III, Nomor. I, April 2019
Hasan Zulman,2015. Anok Kutai Rejang: Sejarah Adat Budaya Bahasa dan Aksara. Jakarta : Dinas Pariwisata Budaya dan Pehubungan Daerah Rejang Lebong.
Ibrahim, 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta, cv.
Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta : Rajawali Pers
Moleong Lexi J.2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mulyadi Yadi dkk, 2016. Intisari Bahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya
Nugrahaini Farida, 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta:mbangan bahan ajar berbasis kearifan lokal pembelajaran teks deskriptif periwisata di kabupaten semarang.
Nurgiantoro Burhan,2016. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Duani Anak, yogyakarta: Ghajah Mada University press
Nasiti A.R, 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pembelajarian Teks Deskriptif Periwisata Di Kabupaten Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Prasetya T.J. 2013. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka
Ratih Dewi, 2019. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Tradisi Misalin di Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh Ciamis (Volume.15, Nomor.1, Maret 2019)
Rukiyah, 2018. Dongeng, Mendongeng, manfaatnya. Jurnal: Anuva, Volume:2, (1): 99-106, 2018, ISSN: 2598-3040 http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva
Rondiyah. A. A. dkk.2017. Pembelajaran Sastra Melalui Bahasa Dan Sastra Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan Di Era Mea ( Masayarakat Ekonomi Asean). Jurnal: may 2017, P.141-147
Rosyadi Imron dan Ekorusyon,2015. Roh Kehidupan Suku Rejang. Yogyakarta: Buku Litera
Sugiono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV
Suyadi, 2015. Strategi Pembelanjaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.
Soni Aprianto, 2019. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Rejang Dalam Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca. SKRIPSI: Universitas Pendidikan Indonesia
Tumanggor Rusmin dkk.2015. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. jakarta: Prenadamedia Group
Wulandari, R.A.2015. Sastra dalam Pembentuk Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultural (Volume 2, Nomor 2, September 2015).
Wijaya Hengki dan Helaluddin, 2019. Analisis Data Kualitatif Kebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar : fayer