EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VI D SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Abstrak
Penelitian tentang upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn pada materi meneladani nilai-nilai perjuangan dalam perumusan Pancasila melalui pembelajaran kooperatif tipe make a macth di kelas VI D SDN 16 Kota Bengkulu pada tanggal 2 September s/d 25 November 2019 di SDN 16 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn pada materi meneladani nilai-nilai perjuangan dalam perumusan Pancasila siswa kelas VI D SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa motivasi siswa mencapai rata-rata 31,81 dengan kriteria sedang dan prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan belajar 73,68% pada siklus 1. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa motivasi siswa mencapai rata-rata 47,13% dengan kriteria tinggi dan pretasi belajar siswa mencapai ketuntasan belajar 86,84%. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas VI D SD Negeri 16 Kota Bengkulu pada materi sistem pemerintah pusat.References
DAFTAR PUSTAKA
Afandi. M. 2011. Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah setting penelitian Tindakan kelas pendidikan Dasar dan Umum. Bandung : Alfabeta
Chamim. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : Majelis Pendidikan Tinggi Pusat Muhammadiyah
Djamarah, SB. 2005. Guru dan anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ari, S. ( 2006 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Bestari, P. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan: menjadi warga negara yang baik 4 untuk kelas IV Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan
Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hanafiah, dkk. 2010. Konsep strategi pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.
Lie, A. 2010. Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas ). Jakarta : Gramedia
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Sardiman. 2010. Interaksi dn motivasi belajar mengajar.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta :
Rineka Cipta.
Sudjana,N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.
Suciati, dkk. 2007. Belajar dan pembelajaran2. Jakarta : Universitas Terbuka Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM
Tanireja, dkk. 2009. Pendidikan Kewaganegaraan. Bandung : Alfabeta
Uno, H. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya