KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII-5 SMPN 14 KOTA BENGKULU
Abstract
Kata Kunci: kemampuan, menulis, teks laporan hasil observasi
Â
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis siswa kelas VII-5 berdasarkan aspek struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian adalah: 1) mengoreksi, 2) menghitung nilai rata-rata, 3) menghitung presentase tingkat kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu berdasarkan penjumlahan keseluruhan nilai rata-rata pada aspek struktur dan kaidah kebahasaan teks hasil observasi siswa adalah 74 dan berada pada skala 60%-74%, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu termasuk ke dalam kategori cukup.References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Dini,M., Mulyanto, W., & Ni Nyoman, WS. 2014. “Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 13 Bandar Lampungâ€. Jurnal ilmiah. Kata (bahasa,sastra, dan pembelajarannya). Vol 2(3): Dalam http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index/BINDO1/article/view/74420. Diakses pada 26 Februari 2019.
Gustian, Ade. 2009. Pengertian-Ciri-dan-Penggunaan-Kalimat-Efektif. Dalam: http://adegustian.blogsome.com/2009/02/02/pengertian-ciri-dan-penggunaan-kalimat-efektif. Diakses pada 23 Maret 2019
Kemendikbud. 2016. Buku Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komaruddin. 2000. Pengkajian Pembelajaran Indonesia. Jakarta: Gasindo.
Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi . Yogyakarta: BPFE
¬________. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Indonesia dan sastra Indonesia . Yogyakarta: BPFE.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut?. Yogyakarta: Kanisius.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Mirnawati. 2017. “Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lilirilau Kabupaten Soppengâ€. Skripsi. Makasar. FKIP UNM. Dalam
http://eprints.unm.ac.id/7836/. Diakses pada 28 Januari 2019.
Yunus, dkk.2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.