MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA PEKIK NYARING KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Penulis

  • Cik Noni Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Alimni Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstrak

Manajemen pengelolaan PAUD adalah manajemen pendirian PAUD (membuka lembaga PAUD baru

dan manajemen perbaikan/pembenahan PAUD (improvisasi manajemen PAUD yang sudah berjalan).

Jika manajemen PAUD sudah tertata dengan baik dan membumi, niscaya tidak akan lagi terdengar

tentang pelayanan sekolah yang buruk, minimnya profesionalisme tenaga pengajar, sarana- prasarana

tidak memadai, pungutan liar, hingga kekerasan dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk

mendeskripsikan manajemen pengelolaan pendidikan anak usia dini di TK Dharma Wanita Pekik

Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan

pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan

menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian adalah manajer, pendidik, peserta didik,

dan orang tua. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan

keabsahan data dilakukan melalui ketekunan observasi, partisipasi, dan kecukupan referensi. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program TK Dharma Wanita Pekik Nyaring disusun sesuai

dengan visi dan misi lembaga dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen antara lain; perencanaan,

pelaksanaan, pengawasan dan bimbingan. Manajer sebagai pemimpin dalam menjalankan fungsi

manajemen sangat menekankan kerjasama yang didasari oleh keikhlasan, semangat, dan loyalitas yang

tinggi. Perencanaan dilakukan dengan perencanaan strategis, penyusunan rencana pembelajaran mulai

dari tahunan, semester, bulanan, mingguan hingga harian. Pengorganisasian dilakukan dengan

mengkoordinasikan tugas, peluang, pengalaman dan wawasan dengan komunikasi terbuka,

mengadakan pertemuan rutin yang membahas upaya peningkatan kinerja. Pengawasan dilakukan

dengan observasi langsung, melalui supervisi, pertemuan rutin dengan pendidik. Kolaborasi dilakukan

dengan orang tua, melalui pertemuan bulanan (parenting), dan mitra terkait PAUD. Penilaian dan

evaluasi dilakukan dengan pemberian tugas, observasi, catatan harian, anekdot, kinerja, hasil kerja, dan

kunjungan pendidikan.

Kata Kunci: Manajemen, PAUD.

 

Diterbitkan

2024-06-08

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 16 times