MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA PEKIK NYARING KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH
Abstract
Manajemen pengelolaan PAUD adalah manajemen pendirian PAUD (membuka lembaga PAUD baru
dan manajemen perbaikan/pembenahan PAUD (improvisasi manajemen PAUD yang sudah berjalan).
Jika manajemen PAUD sudah tertata dengan baik dan membumi, niscaya tidak akan lagi terdengar
tentang pelayanan sekolah yang buruk, minimnya profesionalisme tenaga pengajar, sarana- prasarana
tidak memadai, pungutan liar, hingga kekerasan dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan manajemen pengelolaan pendidikan anak usia dini di TK Dharma Wanita Pekik
Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian adalah manajer, pendidik, peserta didik,
dan orang tua. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui ketekunan observasi, partisipasi, dan kecukupan referensi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program TK Dharma Wanita Pekik Nyaring disusun sesuai
dengan visi dan misi lembaga dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen antara lain; perencanaan,
pelaksanaan, pengawasan dan bimbingan. Manajer sebagai pemimpin dalam menjalankan fungsi
manajemen sangat menekankan kerjasama yang didasari oleh keikhlasan, semangat, dan loyalitas yang
tinggi. Perencanaan dilakukan dengan perencanaan strategis, penyusunan rencana pembelajaran mulai
dari tahunan, semester, bulanan, mingguan hingga harian. Pengorganisasian dilakukan dengan
mengkoordinasikan tugas, peluang, pengalaman dan wawasan dengan komunikasi terbuka,
mengadakan pertemuan rutin yang membahas upaya peningkatan kinerja. Pengawasan dilakukan
dengan observasi langsung, melalui supervisi, pertemuan rutin dengan pendidik. Kolaborasi dilakukan
dengan orang tua, melalui pertemuan bulanan (parenting), dan mitra terkait PAUD. Penilaian dan
evaluasi dilakukan dengan pemberian tugas, observasi, catatan harian, anekdot, kinerja, hasil kerja, dan
kunjungan pendidikan.
Kata Kunci: Manajemen, PAUD.