KOMUNIKASI NEGOISASI DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN PAKAIAN BEKAS PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU

Penulis

  • Al Muhtadi Bella Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Eceh Trisna Ayuh Program Studi Ilmu Komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i1.6393

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi negosiasi dalam meningkatkan minat beli konsumen pakaian bekas pasar Panorama kota Bengkulu. Metode penelitian peneliti melakukan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Komunikasi Pemasaran Outfit pakaian bekas Di Pasar Batam, Panorama, Kota Bengkulu. Menggunakan teori strategi komunikasi Arifin (1994) yaitu Redudancy, Canalizing, Informatif, Edukatif, Persuasif, dan Koersif. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk menulis tentang realitas sosial yang rumit, seperti para informan dalam penelitian ini adalah, informan kunci yaitu 2 Pembeli pakaian bekas di Pasar Panorama, Kota Bengkulu dan informan pokok. 2 Pemilik pakaian bekas di Pasar Batam, Panorama, Kota Bengkulu 2 Karyawan pakaian bekas di Pasar Panorama, Kota Bengkulu. Peneliti menarik kesimpulan bahwa strategi komunikasi yang digunakan menjadikan komunikasi yang efektif karena dilakukan secara face to face antara para penjual dan pembeli. Dimana para pedagang pakaian bekas ini selalu melayani pembeli tanpa ada rasa jenuh karena pesan yang disampaikan melalui strategi komunikasi itu pun stabil dan konsisten. Bagi para pelanggan sendiri pun ini juga bisa menjadikan sebuah ladang usaha membuka toko pakaian bekas diluar pasar Panorama dan meningkatkan eksistensi sosial secara pribadi.

 

Keywords :
Komunikasi negosiasi, Strategi pemasaran, Pakaian bekas

Unduhan

Diterbitkan

15-05-2024

Cara Mengutip

Bella, A. M. ., & Ayuh, E. T. (2024). KOMUNIKASI NEGOISASI DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN PAKAIAN BEKAS PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i1.6393
Abstrak viewed = 58 times