PERAN WHATSAPPGROUPSEBAGAIMEDIAKOMUNIKASI PENGGANTITATAPMUKAPADAHIMPUNANMAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAHBENGKULU

Authors

  • Ch. Sulitio Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • fitria yuliani Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i2.3099

Abstract

iPenelitian iini idilakukan iuntuk imengetahui iperan iwhatsapp igroup isebagai imedia ikomunikasi iHimpunan iMahasiswa iProgram iStudi iIlmu iKomunikasi iUniversitas iMuhammadiyah iBengkulu. iJenis ipenelitian iini iadalah ideskriptif ikualitatif. iInforman ipenelitian iditetapkan idengan iteknik ipurposive isampling isebanyak i3 iinforman. iPeneliti ilangsung ibertindak isebagai isubjek iyang iturun ilangsung ike ilapangan imelakukan iwawancara isebagai ipengumpulan idata iutama. iTeori iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah iuses iand igratification, isehingga ihasil ipenelitian iyang ididapat: i(1) irelationships, imelalui ipesan ihiburan iberupa iartikel, ibroadcast, imaupun iposting icerita iyang imemancing igelak itawa idan ikelucuan, i(2) ipersonality iIdentity, idiskusi iuntuk imembahas iberkenaan idengan iaktivitas iperkuliahan idan iilmu ipengetahuan itentang iberbagai ihal, iserta imembahas iinfo iterupdate idan iyang isedang ibooming idan sebagainya,(3) diversion, mereka yang penat dengan rutinitas kampus maupun kegiatan sehari-hari membuka whatsapp group untuk menyampaikan pesan ajakan, rayuan untuk melakukan sesuatu dengan sekali kirim kepada seluruh anggota yang tergabung dalam Whatsapp Group Himakom, dan (4) surveillance, melakukan rapat melalui Whatsapp Group, sebagai pengganti atap muka, dan dapat dilakukan pada tempat dan waktu kapan saja. Kemudian, kegiatan-kegiatan untuk memecahkan persoalan dan membuat keputusan-keputusan lebih terbuka, transparan dan diputuskan secara bersama-sama oleh anggota grup

 

Keywords: Whatsapp Group, Communication Media, Himakom

References

Adi, iT. iN., i2012. iMengkaji iKhalayak iMedia iDengan iMetode iPenelitian iResepsi. iActa iJournal, i8(1), ipp. i26-30.

Afnibar i& iFajhriani, iN. iD., i2020. iPemanfaatan iwhatsapp isebagai imedia ikomunikasi iantar idosen idan iantar imahasiswa idalam imenunjang ikegiatan ibelajar i(Studi iterhadap imahasiswa iUIN iImam iBonjol iPadang). iJurnal iKomunikasi idan iPenyiaran iIslam, i11(1), ipp. i70-83.

Aulianto, iD. iR., i2019. iWhatsapp isebagai imedia ikomunikasi i(Studi iFenomenologi iMotif iPengaturan iPrivasi iChatting iPengguna iWhatsapp idalam iKomunikasi iAntarpribadi).Jurnal Komunikasi idan iMedia, i3(2), ipp. i150-158.

Bungin, iB., i2006. iSosiologi iKomunikasi i: iTeori, iParadigma, idan iDiskusus iTeknologi iKomunikasi idi iMasyarakat. iJakarta: iKencana iPrenada iGroup.

Effendy,O.U.,2008.IlmuKomunikasi,Teori& iPraktik. iBandung: iRemajaRosdakarya.

Gurning, iF. iP. iP., iHadisiwi i& iWidyowati, iW., i2012. iKomunikasi iKelompok ipada iKomunitas iKompas iMuda. iE-jurnal iMahasiswa iUniversitas iPadjadjaran, iVolume i1, ip. i1.

Husein, iU., i2011. iMetode iPenelitian iUntuk iSkripsi idan iTesis. iJakarta: iRaja iGrafindo iPersada.

Jatmiko, iL. iD., i2020. iAPJII: i196,7 iJuta iWarga iIndonesia iSudah iMelek iInternet. i[Online]

Available at:

https://teknologi.bisnis.com/read/20201 i110/101/1315765/apjii-1967-juta- iwarga-indonesia-sudah-melek- iinternet#:~:text=Bisnis.com%2C%20JA iKARTA%20-

%20Jumlah,juta%20pengguna%20diba indingkan%20tahun%20lalu. i[Diakses i12 i292020].

Jumiatmoko, i2016. iWhatsApp iMessenger idalam iTinjauan iManfaat idan iAdab, iSTIT iMadina iSragen. iJurnal iWahana iAkademika, i3(1), ipp. i20-35.

Kabalmay, i2002. iDesigning iQualitatitative iResearch. iLondon: iSage iPublication.

Kertajaya, iH., i2008. iArti ikomunitas. iJakarta: iGramedia iPustaka.

Liliweri, iA., i2011. iKomunikasi iSerba iAda iSerba iMakna. iJakarta: iPrenada iMedia iGroup

Moleong, iL. iJ., i2013. iMetode iPenelitian iKualitatif. iBandung: iRemaja iRosdakarya.

Morissan, i2015. iTeori iKomunikasi iIndividu iHingga iMassa. iJakarta: iKencana iPerdana iMedia iGroup.

Mulyana, iD., i2014. iIlmu iKomunikasi: iSuatu iPengantar. iBandung: iRemaja iRosdakarya.

Nurudin, i2017. iPengantar iKomunikasi iMassa.

Jakarta: iRajagrafindo iPersada.

Rakhmat, iJ., i2007. iPsikologi iKomunikasi.

Bandung: iRemaja iRosdakarya.

Richard, iW. iL., i2008. iPengantar iTeori iKomunikasi iAnalisis idan iAplikasi. iJakarta: iSalemba iHumanika.

Stanley, iJ. iB. i& iDennis, iK. iD., i2018. iTeori iKomunikasi iMassa. iJakarta: iSalemba iHumanika.

Sugiyono, i2017. iMetode iPenelitianKuantitatif, iKualitatif, idan iR&D. iBandung:Alfabeta.

Tubbs, iL. iS. i& iMoss, iS., i2008. iHuman iCommunication i: iPrinsip-prinsip iDasar. iBandung: iRemaja iRosdakarya.

West, iR. i& iTurner, iL. iH., i2008. iPengantar iTeori iKomunikasi:Analisis idan iAplikasi. iJakarta: iSalemba iHumanika.

Wiryanto, i2004. iPengantar iIlmu iKomunikasi.

Jakarta: iGrasindo.

Yusmita, iM., iLarisu, iZ. i& iSaidin, i2015. iPemanfaatan iwhatsapp imassengger sebagai imedia ikomunikasi iantarpribadi imahasiswa iIlmu iKomunikasi. iOpen iJurnal iSystem iHalu iOleo iUniversity, i5(2), ipp.1-12.

Downloads

Published

20-12-2021

How to Cite

Sulitio, C., & yuliani, fitria. (2021). PERAN WHATSAPPGROUPSEBAGAIMEDIAKOMUNIKASI PENGGANTITATAPMUKAPADAHIMPUNANMAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAHBENGKULU. J-SIKOM, 2(2). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i2.3099

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 47 times