Pola Komunikasi Pemain Game Online Call Of Duty (COD) Didalam Komunitas Clan FTR
DOI:
https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i2.3098Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi kelompok game online Call Of Duty (COD) Didalam Komunitas FTR. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh informan berjumlah (4) empat orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi, dari berbagai sumber, untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pola komunitas FTR yang sering digunakan adalah pola komunikasi all channel, artinya di dalam kelompok mereka semua sama dan adanya kecocokan pada karakteristik komunikasi yang terjadi di dalam komunitas FTR serta komunikasi yang dilakukan oleh para anggota komunitas FTR ini adalah komunikasi secara dua arah (two way communication), dimana semua informasi yang disampaikan kepada anggota langsung diterima dan langsung ditanggapi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu komunikasi yang terjadi di antara kelompok ini bersifat face-to-face. Bentuk komunikasi kelompok yang ada pada komunitas FTRÂ ini adalah kelompok kecil, bentuk komunikasi yang mereka lakukan bersifat terbuka dan komunikatif, sehingga baik komunikan maupun komunikatornya bisa secara langsung mengetahui umpan baliknya.
Kata kunci : game online , Call Of Duty, komunikasi kelompok dan pola komunikasiReferensi
Anwar Arifin, (1984). Michael Burgoon dalam Wiryanto, (2004) Komunikasi Kelompok.
Bagong 2004:58 , pengertian kooperasi
Baskoro, Robi. 2015. Game Online Indonesia 2014:Ikhtisar dan Infografis.http://www.duniaku.net/2015/02/20/game-online-indonesia-tahun-2014-ikhtisar dan-infografis/ diakses pada 12-06-2016
Bungin, 2006:266-267, Keanggotaan Dalam Kelompok
Djamarah, 2004:1 Dan Soejanto, 2005:27, Pola Komunikasi
Effendy, (1986), Pengertian pola komunikasi
Effendy, Onong Uchjana. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Effendy, Onong Uchjana. (1984: 9). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar
Fajar,( 2009, 65 ) Definisi komunikasi kelompok.
Gillin dalam Soerjono, 1982 : 69
Internet wawancara kompas tekno game (2018)
Kartono, Kartini. (2004). Patologi Sosial dan Kenakalan Remaja. Jakarta : Cakrawala.
Kramer ,(2000), game online sebuah aktivitas rekreasi
Morissan, (2013:6-7), Teori melihat proses komunikasi.
Muhammad, 2007: 181, , 2007:182, Komunikasi Kelompok Kecil.
Mulyana, Deddy. (2009). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rakhmat, 2005:141-146, Klasifikasi kelompok dan karakteristik komunikasinya
Severin (2005: 447), Definisi game online
Rolling & Adams, 2006: 770 , sejarah game online
Santoso, 2004:12 , factor mempengaruhi intraksi social
Severin (2005: 447), Definisi game online
Soerjono 1982:73-74 Wood dan smith dalam nasrula, 2014:143