MAKNA KOMUNIKASI SIMBOLIK BRIDAL SHOWER PADA GENERASI MILLENNIAL DI KOTA BENGKULU (Studi Pada Penguna Jasa Sahabat Party Planner Bengkulu)

Authors

  • Ola Rizki Azhari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mely Eka Karina Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i2.3080

Abstract

Bridal shower merupakan acara yang dilakukan sebelum hari pernikahan untuk melepas masa lajang calon pengantin perempuan. Bridal shower menjadi salah satu acara pra pernikahan yang wajib dilakukan bagi sebagian generasi millennial di Indonesia, termasuk Kota Bengkulu. Generasi millennial merupakan generasi yang lahir pada tahun 1982-2002. Acara bridal shower yang dilakukan generasi millennial ini memiliki banyak makna didalamnya menurut persepsi masing-masing individu yang merayakan acara tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui makna komunikasi simbolik yang terdapat didalam acara bridal shower yang dirayakan oleh generasi millennial menggunakan jasa party planner di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pisau analasis Toeri Interaksi Simbolik menurut Herbert Blumer. Dalam penelitian ini, memfokuskan penelitian makna komunikasi simbolik bridal shower yang dilakukan oleh generasi millennial Kota Bengkulu yang menggunakan jasa Sahabat Party Planner Bengkulu. Setelah peneliti melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan data. Maka dapat disimpulkan bawah generasi millennial yang melakukan perayaan bridal shower menggunakan jasa Sahabat Party Planner Bengkulu memaknai acara tersebut sebagai ajang untuk memperlihatkan persahabatan yang terjalin erat, pergantian status serta acara kumpul bersama yang mengesankan dan tidak terlupakan.

Kata Kunci : Bridal shower, generasi millennial, komunikasi simbolik

References

Astina. 2020. Bridal Shower: Tren Perayaan Melepas Masa Lajang di Kalangan Perempuan di Kota Makassar. Universitas Hassanuddin. Makassar.

Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Febriana, Merri, Ahmad Zuber dan Bagus Haryono.Fenomena Bridal Shower Dikalangan Muslimah Kota Surakarta.Universitas Sebelas Maret

Ghozali, Syafi’i.2017.Warna Dalam Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kamanto, Sunarto. 2000. Pengantar Sosiologi Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

M. Hardjana, Agus. 2003. Komunikasi Intra Personal dan Interpersonal. Yogyakarta; Kanisius

Montemurro,Beth.2006.Somthing Old, Something Bold: Bridal Shower and Bachelorette Perties.United States Of America

Morisson. 2014. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Putra, Y. S. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Ilmiah. AmongMakarti,9(18).http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/142. Diakses pada 20 Juli 2021

Rismayanti, Rebbeka dan Irene Santika V.2020.Komidifikasi Ritual Dalam Praktik Bridal Shower di Yogyakarta. Universitas Admajaya Yogyakarta

RM Guring, Linda dan Madalena S.2019. Analisis Visual Desain Kemasan Listick Creammatte Emina Terkait Segmentasi Pasar. Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti

Sarmini. 2002. Teori-Teori Antropologi. Surabaya: Unesa University Press.

Soeprapto, Riyadi. 2002. Interaksi Simbolik, Perspektif Sosiologi Modern. Yogyakarta: Avverpes Press dan Pustaka Pelajar

Woman. 2021. Mengenal Bridal Shower, Pesta Lajang Untuk Calon Pengantin Wanita.http:/m.kumparan.com/amp/mengenai-bridal-shower-pesta-lajang-untuk-pengantin wanita-1vVkqR8BOSf. Diakses pada 4 Agustus 2021

Downloads

Published

26-01-2022

How to Cite

Azhari, O. R., & Karina, M. E. (2022). MAKNA KOMUNIKASI SIMBOLIK BRIDAL SHOWER PADA GENERASI MILLENNIAL DI KOTA BENGKULU (Studi Pada Penguna Jasa Sahabat Party Planner Bengkulu). J-SIKOM, 2(2). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i2.3080

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 115 times