STRATEGI KOMUNIKASI DRIVER PADA PELAYANAN CUSTOMER MAXIM CAR DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Desvi Yanti Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Melly Eka Karina Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/.v2i2.3079

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pola Komunikasi Driver Maxim Car pada pelayanan customer di Kota Bengkulu. Pada dasarnya pengemudi mrupakan pusat utama persaratan dalam melayani pelangan. maka dari itu diperlukan komunikasih yang baik. Komunikasi sering menjadi khendala bagi pengendara dalam melayani pelanggan adapun rumusan masala dalam penelitian ini ialah bhagaimana pola komunikasi yang di lakuukan pngemudi Maxim Car pada pelayanaan customer diKota Bengkulu.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptip kualitatif dan Teori yang di gunakan  yaitu Pola Komunikasi Windahl dam McQuail (1995)  sebagai pisau analisis peneliti guna melihat bagaimana pola komuenikasi yng dilakkukan sama driver Maxim car paada pelayanan konsumen maxim car diKota Bengkulu, Data yang didapatkan dari penelitian ini yakni wawncara, obshervasi, dan dokumentasi..â€Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa model komuenikasi yang ditrapkan oleh pengendara Maxim dalam playanan customer yaitu pertama model komunikasi satu arah, model komunikasi ini berjalan namun tidak banyak yang menerapkan model komunikasi satu arahâ€. Kedua, pola komunikasi duah ara, pola komunikasi ini dirasa lebih efektif digunakan oleh driver ataupun pelanggan maxim car. “Ketiga, pola komunikasi helical/spiral, pola komunikasi yang jarang terjadi antara pengmudi dan customer maxim car, tetapi juga tidak menutupi kemungkinan untuk beberapa driver dan customer mengalami pola komunikasi iniâ€.

 

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Maxim Car, Pelayanan Customer

References

Dwiningrum, S. I. A (2012). Ilmu sosial dan bhudaya dasar. Yogyaakarta: UNY Pres.

Efendy, Onong Uchana, (1993) Dhinamika Komuenikasi. Bandung; PT Remaja Rosidakaya.

----------. (1986). Ilmuh Komuenikasi Teori dan Pratek. Bandung: Remajah Rosda Kalya.

http://journal.wima.ac.id /index.php./KOMUNIKATIF/article/viiew/1588/1476 (diakses tanggal 14 Maret 2021 pukul 11.45 WIB)

https://id. taximaxim.com/about/ (diases tanggal 23 Februari 2021 pukul 10.45 WIB)

McQuail, Windahl, 1995, Comunications Model, Longman, England.

Moleong, L. J. (2011). Metodeologi Penelitiian Kualitatip Edisi Refisi. Bndung; PT. Remajah Rosdakariya

Downloads

Published

26-01-2022

How to Cite

Yanti, D., & Karina, M. E. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI DRIVER PADA PELAYANAN CUSTOMER MAXIM CAR DI KOTA BENGKULU. J-SIKOM, 2(2). https://doi.org/10.36085/.v2i2.3079

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 263 times