PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Penulis

  • Miftahul Jannah Universitas Sriwijaya
  • Dwi Hasmidyani

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8154

Abstrak

Pada era digitalisasi banyak mahasiswa memanfaatkan teknologi digital dan dunia wirausaha saat ini telah ramai dikalangan mahasiswa. Salah satunya mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 dan 2022 terdapat 72 mahasiswa yang sedang berwirausaha dan pernah berwirausaha. Namun, mahasiswa berwirausaha kurang memanfaatkan perkembangan digitalisasi dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendeketan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 dan 2022. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu mahasiswa yang sedang berwirausaha dan pernah berwirausaha, sehingga diperoleh jumlah sampel 72 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 dan 2022 dengan hasil koefesien determinan sebesar 62,44% dan hasil uji-t sebesar 10,78 > 1,667. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan mahasiswa dapat lebih meningkatkan literasi digital di era perkembangan digital saat ini, serta meningkatkan potensi diri dalam berwirausaha.

Kata Kunci: Literasi Digital, Intensi Berwirausaha, Mahasiswa

Referensi

Adawiyah, R., Arum, E. A., Lubanah, A. I., Fadhlika, R., Limbong, E., & Budiandru. (2023). Peluang Bagi Mahasiswa Dalam Memanfaatkan Bisnis Online Berbasis Digital. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Alkhoezuri, A. I., Siskawati, E., Fatikha, N., Farchina, V. A., & Agustina, S. M. (2023). Pengembangan Strategi Pemasaran Ekonomi Kreatif Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Pemasaran Buket). Journal Economic Excellence Ibnu Sina. 1(3): 194–206.

Amalia, F. D., & Nurman, S. F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran Terdidik Lulusan Perguruan Tinggi Jawa Timur. Contemporary Studies in Economic, Finance and Banking. 1(4): 557-570.

Ananda, K. D. (2023). Pengaruh Iterasi Digital Dan Pengetahuan Technopreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2018-2019. Skripsi. Jambi: FKIP Unja.

BPS. (2024). Jumlah Dan Persentase Penduduk Bekerja Dan Pengangguran 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk1MyMy/jumlah-dan-persentese-penduduk-bekerja-dan-pengangguran.html. Diakses 24 Agustus 2024.

BPS. (2024). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa) 2022-2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html. Diakses 24 Agustus 2024.

Desmawan, D., Fitrianingsih, F. R., Drajat, N. A., Diani, N. W., & Marlina, S. (2023). Pengaruh Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2020. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS). 2(2): 150-157.

Fajri, F., Mardianto, & Nasution, M. I. P. (2023). Literasi Digital: Peluang Dan Tantangan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Digital Literacy: Oppor Tunities And Challenges In Building Student Character. Jurnal Pendidikan Islam. 11(01): 34–46.

FH, Y., Deskoni, D., & Firmansyah, F. (2024). Manajemen Pengelolaan Usaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Simki Economic, 7(1): 106–119.

FH, Y., Hasmidyani, D., Susanti, E., & Budiman, M. A. (2023). Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa melalui Webinar Kewirausahaan Berkelanjutan. Warta LPM. 26(1): 22–30.

Hasmidyani, D., Amrina, D. E., Budiman, M. A., Putriya, F., & Nuraidah, F. A. (2023). Target And Learning Needs Analysis: The First Step In Developing An IBMEE-Based Entrepreneurship Module. International Journal of Multicult ural and Multireligious Understanding. 10(12): 69-83.

Hasmidyani, D., Mardetini, E., & Eka Amrina, D. (2022). Generasi Z Dan Kewirausahaan: Mengukur Intensi Berwirausaha Berbasis Theory of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 19–30.

Kemdikbud. (2023). Digitalisasi Pendidikan Mendorong Peningkatan Daya Saing. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/“-digitalisasi-pendidikan-“mendorong-peningkatan-daya-saing. Diakses pada 30 Agustus 2024.

Khoiriyah, R., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri Dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha E-Business Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). 10(3): 181–193.

Kumaat, R. J. (2020). Determinan Pertumbuhan Ekonomi Dan Dampaknya Terhadap Tingkat Penyerapan Tenaga Kerja Serta Kemiskinan Di Kabupaten Kepulauan Sangihe Dan Kabupaten Kepulauan Sitaro. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 7(3): 487-501.

Lestari, I. D., & Brahma, I. A. (2023). Dampak Penanaman Pendidikan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Di Era Globalisasi. Saskara : Indonesian Journal of Society Studies. 3(2): 79–94.

Lestari, A. W., & Eliyani, C. (2024). Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Pamulang. The Journal of Social Sciences and Humanities. 1(2): 84-94.

Marito, R. (2021). Upaya Mengurangi Pengangguran Melalui Ekonomi Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021. 2(0): 61-70.

Nauvan, M. Z., Zamzami, R., Nafais, M., Azmi, Z., & Afwan, M. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora. 3(1): 145–163.

Nugraha, A. C. W., & Bangun, M. F. A. (2022). Peran Potensi Berwirausaha Dengan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(3): 4242–4250.

Pranata, N. K., & Margunai. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal (EEAJ). 8(2), 533-550.

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education. 8(1): 210-129.

Rizal, C., Rosyidah, U. A., Yusnanto, T., Akbar, M. R., Hidayat, L., Setiawan, J., Ilham, A., Yunus, R., Wardhani, A. K., Rahajeng, E., Nay, F. A., Irawan, J. D., Muflihah, Y., & Asari, A. (2022). Literasi Digital. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Safitri, D. (2024). Kominfo: Imbas AI, Pengangguran Lulusan Universitas Di Indonesia Kembali Naik. Detik.Com. 22 Agustus 2024.

Salsabila, A. A., Dewi, D., & Hayat, R., S. (2023). Pentingnya Literasi Di Era Digital Dalam Menghadapi Hoaks Di Media Sosial. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa. 3(1): 5–54.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta, cv.

Suherlan, A., & Halida, A. N. (2024). Literasi Digital Siswa Melalui Model Pembelajaran STEM Terintegrasi Mobile Augmented Reality. Report Biological Education. 5(2): 61–70.

Suranto, M. A., & Gumiandari, S. (2024). Efektivitas Instagram Sebagai Media Pembelajaran Mufradat Berbasis Literasi Digital Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Syekh Nurjati Cirebon. Adiba: Journal of Education. 4(3): 345–370.

Tahir, T., Hasan, M., & Said, I. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation. 2(1): 2721-8287.

Tingginehe, M., & Sulandjari, S. (2024). Entrepreneur As A Choice Of Student Career Interests. Management Studies and Entrepreneurship Journal. 5(1): 2787–2881.

Utami, N., & Sitorus, O. F. (2024). Atensi Berwirausaha Melalui Mata Kuliah Digitalisasi Bisnis. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. 12(1): 119–132.

Wahyuningrum, D., & Prihantoro, R. (2019). Kewirausahaan Sebagai Solusi Masalah Ketenagakerjaan Di Era Fourth Industrial Revolution (“4IR”). Jurnal Inovasi Manajemen Ekonomi Dan Acutance. 1(1): 89-101.

Winangun, I. M., & Indrawirawan, I. K. A. (2023). Dampak Transformasi Kewirausahaan Melalui Pemanfaatan Teknologi Sebagai Keberlanjutan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi (JME). 1(2): 91-100.

Zahra, S., Andini, Z. R., Putri, L. S., & Keling, M. (2024). Menggali Potensi Kewirausahaan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan. 2(1): 54-63.

Diterbitkan

2025-07-07

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times