PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 6 BENGKULU SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8147Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya Motivasi Belajar dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 6 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan pada tahun 2025. Seluruh siswa kelas 11.1 yang berjumlah 30 siswa dijadikan sebagai sampel penelitian melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, penyebaran angket, serta studi dokumentasi untuk menambah serta melengkapi keakuratan data.
Hasil penelitian bahwa dari 30 siswa yang diberikan pertanyaan tentang motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas 11-1 yaitu 27 siswa menjawab sangat setuju dengan persentase 90%. Data nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi juga dikumpulkan. Nilai ini diperoleh dari hasil ujian yang diberikan oleh guru, bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 76, sedangkan nilai terendah adalah 92 dengan nilai rata-rata sebesar 83. Interval nilai tertinggi berada pada rentang 92-93 dengan frekuensi
1 siswa. Nilai dengan jumlah siswa terbanyak berada pada interval 84-85 dengan frekuensi 8 siswa. Hasil perhitungan korelasi Pearson menunjukkan bahwa nilai r = 0.00040, yang berarti terdapat hubungan yang sangat lemah dan positif antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar siswa. Meskipun ada hubungan antara keduanya, hubungan tersebut sangat lemah dan perubahan pada motivasi belajar tidak banyak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan persamaan regresi, nilai konstanta (a = 35.45) menunjukan bahwa jika motivasi belajar siswa bernilai nol, maka hasil belajarnya diprediksi sebesar 35.45, sedangkan koefisien regresi (b = 2.34) menunjukan bahwa setiap peningkatan 1 poin motivasi belajar akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 2.34 poin. Hal ini mengindikasikan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa namun sangat lemah.
Kata Kunci : Motivasi belajar, Hasil belajar
Referensi
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Astuti, W., & Suryadi, A. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 6(2), 89- 97.
Aulia, R. (2020). Peranan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 45-52.
Ayuni, R., & Oktavia, E. (2022). Analisis motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 279- 284.
Azwar, S. (2022). Reliabilitas dan Validitas dalam Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahri, M. S. (2023). Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di masa Merdeka Belajar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871-2880.
Daryanto. (2021). Teori Motivasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Dimyati & Mudjiono. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, R. M. (2023). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart & Winston.
Hamzah, B. U., & Nurdin, I. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar ekonomi. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 10(2), 112-126.