PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2022
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8126Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh internal locus of control terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya Angkatan 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya Angkatan 2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 75 mahasiswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan wawancara yang telah di uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data angket, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ada pengaruh internal locus of control terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya Angkatan 2022.
Referensi
Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103–109. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/3610/0.
Adiputra, I. G. A., Ruslim, H., & Sumadinata, R. (2023). Determine of Demographic Factor, Financial Literacy, And Internal Locus of Control on The Investment Decision Of Individual Investor. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 356–366. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1SU1dTghoVwIAOKDLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1746584414/RO=10/RU=https%3a%2f%2flintar.untar.ac.id%2frepository%2fpenelitian%2fbuktipenelitian_10192042_4A070923225823.pdf/RK=2/RS=BblHyMjZEIZNFtNFoHZm7CyWXsg-.
Budiastuti, D. (2022). Validitas dan reliabilitas penelitian. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Inspektorat Jendral Kemendikbudristek. (2023). Pendidikan Profesi Guru Berkualitas Fasilitas Transformasi Penyediaan Pendidik Berkompeten. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/pendidikan-profesi-guru-berkualitas-fasilitasi-transformasi-penyediaan-pendidik-berkompeten/.
Kasih, P. A. (2023). Indonesia Kekurangan 1,3 Juta Guru pada 2024, Kemendikbud Ungkap Alasannya. https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/05/081758671/indonesia-kekurangan-13-juta-guru-pada-2024-kemendikbud-ungkap-alasannya?page=all#page2.
Priyani, M. P., Ladysie, R., Wedari, P. K. S., Saputri, M., Sagala, L. L., & Suprihandari, M. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Program Studi Akuntansi Untuk Menjadi Guru. Journal of Economics, Business, Management, Accounting and Social Sciences, 1(3), 119–121. http://ojs.putrajawa.co.id/index.php/jebmass/article/view/31.
Rizkia, L., Kurjono, K., & Samlawi, F. (2023). Pengaruh Self Efficacy, Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FPEB UPI. Fineteach: Journal of Finance,Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103–109. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/3610/0.
Adiputra, I. G. A., Ruslim, H., & Sumadinata, R. (2023). Determine of Demographic Factor, Financial Literacy, And Internal Locus of Control on The Investment Decision Of Individual Investor. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 356–366. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1SU1dTghoVwIAOKDLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1746584414/RO=10/RU=https%3a%2f%2flintar.untar.ac.id%2frepository%2fpenelitian%2fbuktipenelitian_10192042_4A070923225823.pdf/RK=2/RS=BblHyMjZEIZNFtNFoHZm7CyWXsg-.
Budiastuti, D. (2022). Validitas dan reliabilitas penelitian. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Inspektorat Jendral Kemendikbudristek. (2023). Pendidikan Profesi Guru Berkualitas Fasilitas Transformasi Penyediaan Pendidik Berkompeten. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/pendidikan-profesi-guru-berkualitas-fasilitasi-transformasi-penyediaan-pendidik-berkompeten/.
Kasih, P. A. (2023). Indonesia Kekurangan 1,3 Juta Guru pada 2024, Kemendikbud Ungkap Alasannya. https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/05/081758671/indonesia-kekurangan-13-juta-guru-pada-2024-kemendikbud-ungkap-alasannya?page=all#page2.
Priyani, M. P., Ladysie, R., Wedari, P. K. S., Saputri, M., Sagala, L. L., & Suprihandari, M. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Program Studi Akuntansi Untuk Menjadi Guru. Journal of Economics, Business, Management, Accounting and Social Sciences, 1(3), 119–121. http://ojs.putrajawa.co.id/index.php/jebmass/article/view/31.
Rizkia, L., Kurjono, K., & Samlawi, F. (2023). Pengaruh Self Efficacy, Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FPEB UPI. Fineteach: Journal of Finance,
Jurnal Economic Edu
E-ISSN : 2746 – 5004; Vol 6 No 1 Juli 2025
Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 3(1), 53–66. https://ejournal.upi.edu/index.php/fineteach/article/view/69713.
Saputro, W. E., Adi, B. W., & Totalia, S. A. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Need For Achievement, dan Internal Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 11–29. https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/6229.
Sholekah, W., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2021). Pengaruh praktik pengalaman lapangan dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru akuntansi. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 213–222. https://core.ac.uk/download/pdf/478847169.pdf.
Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110–116. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7573.
Tsani, I. N., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Program Kampus Mengajar Dan Internal Locus Of Control Terhadap Minat Menjadi Guru Bagi Mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 74–83. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/54128.