ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DIGITAL TERHADAP PRODUK UMKM: IMPLIKASI UNTUK STRATEGI PEMASARAN

Penulis

  • Anisa Martiah Universitas Satu Nusa Lampung
  • Zainul Hamzah Universitas Satu Nusa Lampung, Indonesia
  • Jeny Puspita Universitas Satu Nusa Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i01.6613

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mengidentifikasi, menganalisis, mensintesis, dan menggambarkan implementasi digital marketing yang telah dilakukan oleh UMKM keripik pisang di Provinsi Lampung. Sampel penelitian terdiri dari 32 UMKM keripik pisang di Lampung. Data diambil menggunakan teknik FGD, kuesioner, dan observasi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang diimplementasikan oleh UMKM keripik pisang di Lampung merupakan strategi yang mengadaptasikan produk-produk UMKM berdasarkan analisis SWOT. Digital marketing telah membantu UMKM keripik pisang untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pasar, perubahan perilaku konsumen, dan juga kebijakan pemerintah..

Kata Kunci: Perilaku konsumen, Strategi Pemasaran, SWOT.

Referensi

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: strategy, implementation and practice (7th ed.). Pearson UK.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.

Prasetyo, A., & Febriani, R. (2021). Analisis Ekspektasi Konsumen Digital terhadap Produk UMKM di Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 145-160.

Sari, D. P., & Kusumawati, A. (2022). Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM: Studi Kasus pada Industri Makanan Ringan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(3), 210-225.

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.

Wijaya, S., Wahyudi, A. T., & Kusuma, C. B. (2020). Tantangan UMKM Indonesia di Era Digital: Studi Kasus pada Sektor Makanan dan Minuman. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 22(1), 80-89.

Diterbitkan

2024-07-10

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 49 times