PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI SERAGAM FUTSAL PADA TOKO TUNAS SPORT DI KOTA BENGKULU

Penulis

  • Selvin Marsa Hutabarat program studi manajemen sekolah tinggi ilmu administrasi bengkulu
  • Ade Irma Suryani Pendidikan Ekonomi FKIP UMB

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i01.6589

Abstrak

Fluktuasi penjualan yang terjadi pada Toko Tunas Sport di Kota Bengkulu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya dapat disebabkan karena kurangnya promosi yang dilakukan oleh pelaku bisnis hingga menyebabkan turunnya penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian seragam futsal pada Toko Tunas Sport di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, penentuan sampel menggunakan rumus slovin sehingga menghasilkan sebanyak 76 responden untuk diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan hasilnya dianalisis dengan metode analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai T hitung sebesar 10,650, yang mana nilai ini diketahui lebih besar dari nilai T tabel 1,992 sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi (X) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) seragam di Focus Konveksi Pekanbaru. Nilai R2 sebesar 0,605 hal ini menunjukan 60,5% perubahan pada keputusan pembelian ditentukan oleh variabel bebas yakni promosi sedangkan 39,5% lagi ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Promosi

Referensi

Akdon & Riduwan., 2010., Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika., Cet 2., Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi., 2013., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik., Rineka Cipta., Jakarta.

Assauri, Sofjan.,2013., Manajemen Pemasaran., PT Rajagrafindo Persada., Jakarta. Buchari, Alma., 2011., Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa., Penerbit

Alfabeta., Bandung.

Basu, Swastha DH., Irawan., 2008., Manajemen Pemasaran Modren., Edisi Kedua., Cetakan ke tigabelas., Liberty Offset: Yogyakarta.

Daryanto., 2011., Sari Kuliah Manajemen Pemasaran., PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera., Bandung.

Ghozali & Imam., 2013., Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS., BP Universitas Diponegoro., Semarang.

Hasibuan, Malayu., 2012., Manajemen Sumber Daya Manusia., PT Bumi Askara., Jakarta

Kosasih & Soewedo., 2009., Manajemen Perusahaan Pelayanan., PT Rajagrafindo Persada., Jakarta

Kotler & Keller., 2009., Manajemen Pemasaran., Jilid 1., Edisi ke 13., Penerbit Erlangga., Jakarta.

Kotler, Philip & Garry Amstrong., 2012., Prinsip-Prinsip Pemasaran., Edisi ke 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga., Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller., 2009., Manajemen Pemasaran., Jilid 1., Edisi ke 13., Terjemahan Bob Sabran., Penerbit Erlangga., Jakarta.

Manajemen Pemasaran., Jilid 2., Edisi ke 13., Terjemahan Bob Sabran., Penerbit Erlangga., Jakarta.

Diterbitkan

2024-07-09

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 27 times