PEMBELIAN AKTUAL DI SHOPEE LIVE SHOPPING PENGARUH KETERLIBATAN SALES PROMOTION DAN INFLUENCER CREDIBILITY

Penulis

  • Sundari fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah bengkulu
  • Andi Azhar Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMB

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v5i01.6588

Abstrak

Tujuan penelitian ini (1) mengetahui pengaruh sales promotion dan influencer credibility terhadap brand image serta pembelian aktual di Shopee Live Shopping, (2) serta untuk memahami peran brand image sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara sales promotion, influencer credibility, dan pembelian aktual. Jenis peenelitian adalah penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah menggunakan Marketplace Shopee di kota-kota besar di Indonesia, dengan 340 responden yang dipilih menggunakan metode Accidental Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan sofwer Analisis Mommet of Structural (AMOS), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna Sales Promotion dan Influencer Credibility berpengaruh signifikan terhadap Brand Image serta Pembelian Aktual. Namun Brand Image hanya berperan sebagai mediasi dalam pengaruh Sales Promotion dan Influencer Credibility terhadap Pembelian Aktual, Sementara berperan sebagai mediasi dalam Sales Promotion dan Influencer Credibility terhadap Pembelian Aktual.

Kata Kunci: Sales Promotion, Influencer Credibility, Brand Image dan Pembelian Aktual 

Referensi

Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S. Si., M. P. (2019). Menetukan jumlah sampel dalam penelitian.

Farida, N., Purwitasari, E., & Taufik, I. (2022). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Minat Beli Subscribers Pada Channel Youtube Otomotif Ridwan Hanif. BroadComm, 4(1), 36–44. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.233

Huang, Z., & Benyoucef, M. (2013). User-centered investigation of social commerce design. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8029 LNCS, 287–295. https://doi.org/10.1007/978-3-642-39371-6_33

Indiani, N. L. P., Rahyuda, I. K., Kerti Yasa, N. N., & Sukaatmadja, I. P. G. (2015). Perceived Risk and Trust as Major Determinants of Actual Purchase, Transcending The Influence of Intention. ASEAN Marketing Journal, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.21002/amj.v7i1.4601

Khotimah, S. N. U. R., Studi, P., Bisnis, M., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Islam, U., Raden, N., & Said, M. A. S. (2023). DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN.

Long, C. S., Ajagbe, M. A., & Kowang, T. O. (2014). Addressing the Issues on Employees’ Turnover Intention in the Perspective of HRM Practices in SME. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 129, 99–104. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.653

Merritt, K. (2022). Kekuatan Perdagangan Streaming Langsung : Studi Kasus Bagaimana Perdagangan Streaming Langsung Dapat Dimanfaatkan Secara Tradisional Sektor Ritel Inggris.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Oentoro, Y. (2013). Representasi Figur Burung Garuda yang Digunakan sebagai Lambang Negara. Nirmana, 14(1), 47–63. https://doi.org/10.9744/nirmana.14.1.47-64

Prastiwi, S. K. (2019). Persepsi Keamanan dan Sikap Terhadap Produk Berperan Dalam Pembelian Aktual Pasta Gigi Halal. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(3), 398–411. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i3.99

Diterbitkan

2024-07-09

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 17 times