PENDEKATAN INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM KAJIAN MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v4i2.6130Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk membahas praktik pendekatan integrasi-interkoneksi dalam kajian manajemen dan kebijakan pendidikan Islam yang difokuskan pada praktik manajemen pembelajaran pada kebijakan kurikulum merdeka. Sebagai mana kit ketahui bahwa kebijakan kurikulum merdeka dikembangkan pembelajaran berpusat pada murid atau yang dikenal dengan istilah pembelajaran differensial serta pelaksanaan project penguatan profil pelajar Pancasila. Pada Kurikulum merdeka, implementasi pendekatan integrasi-interkoneksi dilakukan tidak hanya pada ranah pemikiran saja, akan tetapi pada praktik-aplikatifnya dalam proses pembelajaran. Manajemen pembelajaran dalam kebijakan kurikulum merdeka adalah contoh praktik integrasi-interkoneksi yang baik, dimana kurikulum merdeka mengintegrasikan pembelajaran berdifferensiasi dan project penguatan profil pelajar Pancasila secara bersamaan. Salah satu elemen dari manajemen pendidikan islam adalah manajemen kurikulum. Merujuk pada pendekatan integrasi- interkoneksi Prof M Amin Abdullah merupakan sebuah pendekatan baru dalam membantu memecahkan persoalan yang sedang terjadi di masyarakat melalui integrasi keilmuan. Artinya hubungan antara disiplin ilmu yang satu dengan yang lainnya mengalami keterkaitan bukan malah saling bermusuhan satu sama lain. Apakah kurikulum merdekaadalah jawaban yang tepat bagi peserta didik untuk membantu dalam meraih cita-citanya, menjadi penerus bangsa, dan memecehkan persoalan yang semakin kompleks? Metode penelitian yang digunakan ialah dengan metode kepustakaan atau library research sifatnya kualitatif deskriptif dengan pendekatan integrase-interkoneksi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang sangat tepat untuk diberlakukan di tengah perkembangan zaman yang begitu kompleks.
Kata Kunci : integrasi-interkoneksi, manajemen, pendidikan islam
Referensi
Al A’raf Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, Vol. XV, No. 1, Januari - Juni 2018 ISSN: 1693-9867 (p); 2527-5119 (e)
PROSJ-LAS, Vol.1, No.1, April 2022 (hal:72-78) Prosiding Seminar Internasional J-LAS
Al-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, Vol. 1 No. 2, 2021
Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and SocietyAvailabel Online: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS
Abdullah, Amin. (dkk), Menyatukan Kembali Ilmu-Ilmu Agama dan Umum; Upaya Mempertemukan Epistemologi Islam dan Umum,Yogyakarta: Suka Press, 2003.
Abdullah, Amin. “Desain Pengembangan Akademik IAIN menuju UIN Sunan Kalijaga: dari penekatan Dikotomis-Atomistis ke arah integratif-interdisiplinary” dalam Zainal Abidin Bagir, Integrasi Ilmu dan Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
Abdullah, Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Kuntowijoyo, Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi dan Etika, Yogyakarta: Teraju, 2004
JPDK: Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022Research & Learning in Primary Education