Hubungan Antara Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Kota Bandar Lampung
Abstrak
Tujuan yang penting dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah Kompetensi Guru di SMP Negeri 6 Kota Bandar Lampung. 2) Bagaimanakah Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Bandar Lampung. 3) Apakah Ada Hubungan Antara Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Maata Pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran IPS yang berjumlah 6 orang, sehingga sampel total karena kurang dari 100. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus produk moment. Setelah data terkumpul maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) tingkat kompetensi profesional guru IPS adalah 84,4 dengan demikian skor rata-rata tingkat profesional guru IPS di SMP Negeri 6 Kota Bandar Lampung. adalah bisa dikatakan dengan kategori sanagt baik. 2) Hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Kota Bandar Lampung. termasuk dalam kategori rendah hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata 76,16. 3) Ada Hubungan Antara Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar di SMP Negeri 6 Kota Bandar Lampung. sebesar 74,4%.
Kata kunci: Kompetensi Guru, Hasil Belajar
Referensi
Arikunto, Suharmi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Pt Rineka Cipta. . 1987. Pengelolaan Materiil. Jakarta : Pt Prima Karya.
Asmara, Husna. Profesi Kependidikan. Jakarta : Alfabrata. Asril, Zainal.2013. Micro Teaching. Jakarta : Rajawali Pers.
Damsar, 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Pt Rineka Cipta.
Halimah, Deni Koswara. 2008. Seluk Beluk Profesi Guru. Bandung : Pt Pribumi Mekar.
Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Jejen Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Pranada Media. Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
,2012. Model-Model Pembelajaran Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cv Cipta Pesona Sejahtera Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bndung: Pt
Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2013. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Sadirman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
. 2014 . Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pt Bumi Aksara Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara Tirtarahardja, Umar. 2002. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Pt Rineka Cipta Usman, Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya