PENERAPAN MODEL TAM DAN SERVQUAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI IPOTGO DI GALERI INVESTASI UNIVERSITAS MUHAMAMDIYAH BENGKULU

Penulis

  • Ayudho Selviani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Saiful Saiful Universitas Bengkulu
  • Novita Sari Universitas Bengkulu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perceived ease of use (kemudahan penggunaan), perceived usefulness (kemanfaatan), Tangibiles (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Katanggapan), Assurance (Jaminan dan Kepastian), Emphaty (Empati), mempengaruhi minat mahasiswa Menggunakan Aplikasi IPOTGO Di Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) Prodi Akuntansi angkatan 2018 dan 2017 yang masihaktif Tahun Akademik 2019/2020 dan telah membuka rekening saham di Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu berjumlah 386 mahasiswa. sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini disesuaikan menjadi sebanyak 80 orang. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease Of Use (kemudahan penggunaan) dan Responsiveness (Daya Tanggap) berpengaruh secara positif terhadap minat mahasiswa menggunakan aplikasi IPOTGO di galeri investasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Sedangkan Perceived Usefulness (kemanfaatan), Tangible (bukti fisik), Reliability (Kehandalan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) berpengaruh negatif terhadap minat mahasiswa menggunakan aplikasi IPOTGO di galeri investasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Bengkulu.

Kata Kunci: Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Intention To Use.

Referensi

Davis, F.D 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology, MS Quartely (online), vol.13 Iss 3, Pf.318.

Ghozali, Imam. (2016)."Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23." Semarang. Universitas Diponegoro.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Marketing management(13 th ed.). New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Bisnis. ALFABETA, Bandung. Parasuraman,A.,Zeithaml,V.A.andBerry,L.L.( 1998),SERVQUAL:amultiple –item scale for

Measuring consumer perc,Journal of Retaling,vol.64 No,1,pp.12-40

Diterbitkan

2021-01-24

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 309 times