PENGARUH KEMUDAHAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI BARANG SECARA ONLINE PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8163Abstract
Kemajuan teknologi telah mendorong perubahan signifikan dalam gaya hidup masyarakat, termasuk mahasiswa, yang kini cenderung beralih dari kebiasaan berbelanja secara offline ke belanja online karena berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam aplikasi toko online. Penelitian ini penting karena dapat memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen, khususnya mahasiswa, dalam berbelanja secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, dan data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment serta uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kemudahan berbelanja dengan minat beli online, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,992. Selain itu, nilai determinasi sebesar 99% menunjukkan bahwa variabel kemudahan berbelanja memberikan kontribusi yang signifikan terhadap minat beli online mahasiswa. Uji-t memperkuat hasil tersebut dengan nilai 39,55 > 3,89, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemudahan berbelanja berpengaruh signifikan terhadap minat beli barang secara online. Hasil ini menunjukkan pentingnya aspek kemudahan dalam meningkatkan aktivitas belanja online di kalangan mahasiswa.
Kata Kunci: Belanja, minat beli
References
Afika, A., P, O. D. Y., & Pasulu, I. (2023). Pengaruh online shop terhadap minat beli barang secara online pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas kristen indonesia toraja. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 257–265.
Burhan, N. S., Noviani, L., & Sangka, K. B. (2023). Pengaruh kemudahan belanja onlinedan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif dengan peminatan ekonomi sebagai variabel moderator. Journal on Education, 5(4), 15058–15068.
FH, Y., Pratita, D., Firmansyah, F., & Suganda, V. A. (2022). Meningkatkan daya saing produk usaha mikro di era digital melalui edukasi dan pendampingan strategi branding dan packaging. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 5–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10234
Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah, F. (2018). Mengembangkan Jiwa kewirausahaan generasi muda melalui pelatihan penyusunan rencana usaha. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 32–47. https://doi.org/10.25170/mitra.v1i1.13
Hidayani. (2019). Pengaruh kemudahan penggunaan, kesenangan, berbelanja, dan promosi terhadap minat beli konsumen di situs jual beli online shopee. In Ekonomi.
Ricky, R. D. M., Kawung, E., & Goni, S. Y. V. . (2021). Dampak aplikasi belanja online (online shop) di masa pandemi covid-19 terhadap minat belanja masyarakat di Kelurahan Girian Weru Ii Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah, 1(ilmiah), 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/36087/33605
Rinaja, A. F., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh online customer review, word of mouth, and price consciousness terhadap minat beli di shopee. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(3), 435–448. https://doi.org/10.37606/publik.v9i3.345
Salsabilla, R. (2022). Pengaruh harga dan kemudahan berbelanja terhadap minat beli secara online pada segmen milenial pengguna marketplace shopee di kota makassar dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel moderasi. Skripsi. FEBI Uin Allauddin.