PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI KELAS X MA MUQIMUS SUNNAH PALEMBANG

Authors

  • Mitha Nur Oktavia Universitas Sriwijaya
  • Dwi Hasmidyani

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8153

Abstract

Di era pendidikan sekarang, tantangan utama yang dihadapi oleh banyak sekolah kurangnya motivasi belajar peserta didik, terutama dalam mata pelajaran Ekonomi di MA Muqimus Sunnah Palembang. Mayoritas peserta didik yang merasa kurang tertarik dengan materi pelajaran Ekonomi, sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis monopoli terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X MA Muqimus Sunnah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design one group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 40 peserta didik yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar rata-rata peserta didik dari 64% menjadi 86% setelah diberikan perlakuan yang menunjukkan peningkatan sebesar 22%. Uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung (2,856) > t tabel  (1,686) pada taraf signifikansi 0,05, dengan koefisien determinasi sebesar 13,78%. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis monopoli berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Monopoli, Motivasi Belajar, Ekonomi

References

Afifah, J., Suryatin, S., & Al Fath, A. M. (2023). Peran media pembelajaran monopoli matematika terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 3(2), 132–145.

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42.

Aisyah., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi di SMAN 15 palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11.

Amalia, M. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Ayu, G, F, L., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79.

Barlian, Ikbal., & Fatimah, S. (2021). Efektivitas penggunaan bahan ajar digital interaktif berbasis blog. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 8(1), 62–72.

Barsinah, Khairunnisa, Y., & Irhasyuarna, Y. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran monorikal (monopoli kearifan lokal) terhadap motivasi belajar peserta didik. Journal on Teacher Education, 4(4), 601–608.

Fahruniza, Amelia., Jaenudin, R. & Hasmidyani, D. (2021). Motivasi belajar sebagai determinan prestasi belajar dalam pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 75–83.

FH, Y., Pratita, D., & Deskoni. (2023). Efektivitas penggunaan media interaktif berbasis lectora inspire untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 7(2), 583–593.

FH, Y., Pratita, D., Suprida, Wardah, R., & Wahyuni, S. (2022). Potensi dan pemanfaatan software lepctora inspire dalam penyusunan media pembelajaran interaktif (studi pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Sriwijaya). Seminar Nasional LPPM UMMAT Universitas, 1(Juli), 4–8.

Firdaus, C. C., Mauludyana, B. G., & Purwanti, K. N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 43–52.

Ivani, N., & Sari, A. K. P. (2023). Pengaruh penerapan media pembelajaran monopoli petualangan nusantara terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V di Sekolah Dasar Negeri Timbang. Jurnal Ivovasi Pendidikan, 1(2), 284–294.

Kemendikbudristek. (2023). Laporan tahunan pendidikan nasional 2023. Jakarta: Kemendikbudristek.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302.

Ramadhan, A., & Fitriani, D. (2021). Pengaruh media video pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 101–110.

Sari, M. D., Yuliana, R., & Nugroho, A. (2022). Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 55–65.

Situmorang, T., Putra, J. A., & Witri, G. (2022). Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media monopoli tata surya terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1740–1750.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. (2021). Metodologi penelitian pendidikan: Kompetensi dan pratiknya, edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Umayah, R., & Harmanto. (2019). Penerapan media pembelajaran monopoli berbasis paikem dalam peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKN di kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(2), 1023–1037.

Downloads

Published

2025-07-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times