PENGARUH PRODUCT QUALITY DALAM E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8120Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product quality dalam e-commerce Shopee terhadap loyalitas pelanggan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya Tahun Akademik 2022. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi digital yang mendorong perubahan pola konsumsi masyarakat, khususnya mahasiswa yang kini lebih memilih berbelanja secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Sampel penelitian berjumlah 63 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji linearitas serta uji hipotesis, yaitu uji korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara product quality terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai korelasi sebesar 0,2379 yang berada dalam kategori hubungan rendah. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh sebesar 5,65%, yang berarti 94,35% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung 1,9129 ≥ ttabel 1,525, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara product quality terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan pemahaman mengenai pentingnya kualitas produk dalam mempertahankan loyalitas pelanggan serta membuka peluang untuk peneliti selanjutnya dengan menambahkan variabel bebas lainnya seperti harga, layanan, dan promosi.
References
Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132
Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. NUSANTARA: Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1370–1379. http://jurnal.um- tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Bangun, T. S., Purba, M. I., Ginting, R. E., Br Keliat, F. Y., & Wardani, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia). Jurnal Edueco, 6(1), 78–83. https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.162
Delia, R. (2023). Pengaruh Service Quality dan Product Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce Di Jabodetabek. Universitas Negeri Jakarta.
Harlan, F. B., Tarigan, Y., Riadi, S., & Sitompul, A. M. (2025). Analysis of E- Commerce Logistic Service Quality on Customer Satisfaction, Loyalty, and Brand Image in Indonesia. International Review of Management and Marketing , 15(1), 118–127. https://doi.org/10.32479/irmm.17503
Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1), 39–53. https://doi.org/10.21831/jim.v19i1.49600
Miraza, A. A. (2023). Skripsi Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Milky Way Medan. Medan Area University Reposetory, 46.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta