PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v6i1.8078Abstract
Permasalahan inti yang terkait pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di SMAN 2 Banjar. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata peserta didik yang masih berada di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Adapun tujuan yang dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain non- equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 2 Kota Banjar pada tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 384 dengan 70 sampel peserta didik, terdiri dari 35 peserta didik kelas eksperimen dan kontrol dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dan Mann Whitney dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, diolah dengan program SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 <0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Model pembelajaran Learning Cycle 5E mampu meningkatkan hasil belajar pada kelas eksperimen dan terdapat perubahan signifikan jika dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Flashcard
K
References
Akbar, M. R., Hanafi, S. H., & Widayati, U. (2024). Kelayakan Media Pembelajaran Flashcard Interaktif dalam Pemanfaatannya pada Pembelajaran yang Berintegrasi pada Budaya Lokal ( Leksikon Kuliner Bima ). 4, 1405–1417.
Amanda, D. R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 185–199.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran. In Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Augustia, A. D., Agustia, C. N., Azzahra, D., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2025). Analisis Validitas dan Reliabilitas Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Software Anates pada Mata Pelajaran Perpajakan. 5(1), 250–265.
Bakti, I., Kusasi, M., Studi, P., Kimia, P., & Keguruan, F. (2023). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID BERKONTEKS
LAHAN BASAH DDifferences Of Student ’ s Critical Thinking Ability in Learning Using The Project Based Learning Model on Coloid Materials in Wetland Context. 14(1), 130–141.
Budianti, Y., & Wahyuningsih, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. 6(2), 842–855. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5087
Budiman, Rahmania; Rusdi; Muchlish, E. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 218–227.
Djabba, Rasmi; Mukhlisa, Nurul; Putri utami, D. (2021). Penerapan Model Learning Cycle pada Pembelajaran Tema 3 tentang Sistem Pencernaan Pada Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Banga banga Kabupaten Barru. Publikasi Pendidikan, xx(XX), 1–8.
Fatimah, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction (Di) Pada Pembelajaran Fisika. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 27. https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i2.3344
Gusmaneli, G. (2024). Memahami dan Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) ekspositori . Pembelajaran langsung merupakan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif . tertulis atau lisan dari orang atau aktor. 2(2).
Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1– 14.
Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 100. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107
Hardani, Helmina, Ustiawaty, J., Utami, E. F., Rahmatul, R. I., Fardani, R. A., Sukmana,
D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design.
(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hulfa, B. S., Maritasari, D. B., & Rodiyah, H. (2023). Penggunaan Media Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dengan Hambatan Fungsional Belajar. 06(01), 8988–8995.
Jenny Koce Matitaputty dan Jems Sopacuan. (2023). The Effectiveness Of The Learning Cycle 5E Learning Model In an Effort to Improve Learning Outcomes Of History. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah.
Kasmawati. (n.d.). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika |.
Krisnayanti, I. G. A. A. H., & Wijaya, S. (2022). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Mata Pelajaran Science Sekolah XYZ. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1776–1785. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3313
Kristianus Ganggul, & Ida Bagus Oka Sudarsana. (2021). Penerapa Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS I SMA Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Arthaniti Studies, Vol.1 No.2(2), 40–46. https://doi.org/10.5281/zenodo.4632505
Lasaiba, M. A. (2023). the Effectiveness of the 5E Learning Cycle Model As an Effort To Optimize Students’ Activities and Learning Outcomes. Edu Sciences Journal, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.30598/edusciencesvol4iss1pp11-21
M. Dzikrul Hakim Al Ghozali, L. M. (2020). Mengatasi Kesulitan Hasil Belajar Bahasa Arab. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Maruwu, M. (2024). dan Kelebihan. 9, 1220–1230.
Meissel, K., & Yao, E. S. (2024). Using Cliff’s Delta as a Non-Parametric Effect Size Measure: An Accessible Web App and R Tutorial. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 29(1). https://openpublishing.library.umass.edu/pare/article/id/1977/
N, D., Adiyasman, Efendi, R., & Julhadi. (2024). Bentuk-bentuk tes dan karakteristiknya.
(12), 296–306.
Soidik, A., Solichin, E., Safitri, E., Studi, P., & Ekonomi, P. (2020). PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS XII SMK. 5(1), 602–608.
Sonny, M., Strisno, D., Saputro Firdaus Budhy, Cholifah, W. N., Kusuma, A. M., Pangesti, I., Nasution Sumiah, & Yudha, B. (2023). Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle Model) Pada Guru Sekolah Menengah Atas di Jakarta Timur. Abdi Jurnal Publikasi, 1(6), 609–613.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. 4.
Supratman, L. C. S. N. (2021). Analisis dan Refleksi Model - Model Pembelajaran. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Susilo., S. B. B. H. dan S. (2020). The Effectiveness Of The Learning Cycle 5E Learning Model In an Effort to Improve Learning Outcomes Of History. International Journal of Instruction, Vol.13, No, 322.
TELA, T., YULIAN, V. N., & BUDIANINGSIH, Y. (2019). Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 114.
https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464
Ulfa, N. M., & Pendidikan, F. I. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. 1(1), 34–42.
Varuqi, vita R. ; N. K. W. E. S. (2023). PEGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA SUB MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMP/MTS. 6.
Wati, I., & Koeshandayanto, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep. 1218–1225.
Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Ipa Smp Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 69–80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33181