PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
DOI:
https://doi.org/10.36085/jee.v3i1.3527Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekolah yaitu metode pembelajaran. Selama proses pembelajaran menggunakan Motode Pembelajaran Problem Solving yaitu metode pembelajaran yang memberikan bimbingan antar kelompok untuk bekerjasama dalam penguasaan materi dan memberikan pemahaman mandiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran ekonomi melalui metode pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan dagang Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pre tes diketahui nilai rata-rata sebesar 43,61 dan ketuntasan belajar diperoleh 12,60%. Hasil siklus I diketahui bahwa nilai rata-rata sebesar 69,03. Ketuntasan belajar diperoleh 51,61%. Rata-rata keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,2. Rata-rata keaktifan siswa dalam pembelajaran individu sebesar 2,8 dan dalam kelompok sebesar 3,0. Hasil siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata sebesar 78,39. Ketuntasan belajar diperoleh 90,32%. Rata-rata keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,4. Rata-rata keaktifan siswa dalam pembelajaran individu sebesar 3,0 dan dalam kelompok sebesar 3,25. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 7 Kota Bengkulu pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang.
Kata Kunci : Motode Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar, Jurnal Penyesuaian pada Perusahaan Dagang