PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD NEGERI 60 BENGKULU TENGAH
Abstract
Kurang aktifnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, menyebabkan guru merasa perlu untuk membangkitkan semangat siswa untuk melakukan tindakan disaat belajar. Untuk itu diperlukan metode pengajaran yang dapat menunjang terciptanya kegiatan-kegiatan belajar siswa yang aktif di kelas, yakni dengan menerapkan model pembelajaran (Problem Based Learning). Penelitian ini dilakukan di kelas 4 SD Negeri 60 Bengkulu Tengah dengan tujuan penelitian: 1). Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada Siswa kelas kelas 4 SD Negeri 60 Bengkulu Tengah. 2). Untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas 4 SD Negeri 60 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), dilakukan dalam bentuk 2 (dua) siklus dan 4 (empat) tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah Observasi dan Tes guna mengetahui peningkatan aktivitas pelajar melalui penilaian hasil belajar, yang selanjutnya dianalisis secara Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil pengamaatan hasil aktivitas siswa pada siklus 1 skor yang diperoleh adalah 15 dan 16 (kriteria cukup) dan siklus 2 adalah 21 dan 22 (kriteria baik), hal ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan belajar dikelas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus 1 adalah 73 dan siklus 2 adalah 83. Hal ini dapat dilihat dari data tersebut ada peningkatan aktivitas belajar siswa, dengan ttabel 0,355 dan thitung 9,70. Dimana jika thitung lebih besar dari ttabel berarti adanya peningkatan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Problem Based LearningReferences
Alam S. 2013. Ekonomi. Esis: Jakarta
Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.
Kencana: Jakarta
Arikuntoro, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta Basuki, Ismet (dkk). 2014. Asesmen Pembelajaran. Rosda: Bandung Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta
Hartono, Agung (dkk). 2013. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta: Jakarta Irianto, Agus. 2013. Pendidikan sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu
Bangsa. Kencana: Jakarta
Isjoni. 2008. Model-model Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta Istarani. 2011. Model Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta Jessica. 2009. Aktivitas Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Joyce, Bruce (dkk). 2009. Models of Teaching. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Kasbola, Kasihani (dkk). Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Malang: Malang
Koni, Satria (dkk). 2012. Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Pers: Jakarta
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Rosda: Bandung
Makmun, Syamsuddin A (dkk). 2011. Perencanaan Pendidikan. Rosda: Bandung Mukhtar (dkk). 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. GP Pres: Jakarta Nasution. 2011. Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta
Nur, Dhevita. 2013. Problem Based Learning
Diakses dari: Pgsd-vita.blogspot.com. 18 Februari 2015 Pidarta, Made. 2019. Landasan Kependidikan. Rineka Cipta: Jakarta
Prathama. 1994. Ekonomi. Intan Pariwara: Klaten Utara
Purwanto, Ngalim.M. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
Remaja Rosda Karya: Bandung
Roniggi, Mugi. 2013. Devinisi Aktivitas: Website
Diakses dari: http://DynamicViews-sjabloon.Aangedryfdeur. Bloger. com. 10 Februari 2015
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta Sudjana, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Kencana: Jakarta Sanjaya. 2007. Model Problem Based Learning. Rineka Cipta. Jakarta Sa’ud, Syaefudin U. 2010. Inovasi Pendidikan. Alfabeta: Bandung Schmoker. 2012. Menjadi Guru yang Efektif. Erlangga: Jakarta
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Ruzzmedia: Jogjakarta Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga: Jakarta
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Grasindo: Jakarta
Tim Pengembangan MKDP kurikulum dan Pemberdayaan. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia: Jakarta
Wahab, Aziz A. 2009. Metode dan Model-model Mengajar. Alfabeta: Bandung Zain, Aswan (dkk). 2013. Strategi Belajar Mengajar: Rineka Cipta: Jakarta