Creation of 2D Animation of Basi Pembuatan Animasi 2d Jurus Dasar Pencak Silat Sebagai Media Pembelajaran Siswa Tspm 088 Kota Bengkulu

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Gerak Dasar Pencak Silat

Authors

  • farid achmadi farid Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agung Kharisma hidayah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muhammad Imanullah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dandi Sunardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v8i2.9528

Keywords:

Pencak Silat, Adobe Flash, 2D objects, Frame by Frame

Abstract

Berdasarkan penelitian tentang pembuatan animasi 2D jurus dasar pencak silat sebagai media pembelajaran untuk siswa TSPM 088 di Kota Bengkulu, studi ini bertujuan untuk menghasilkan animasi yang menampilkan jurus-jurus dasar pencak silat. Animasi ini dirancang sebagai alat bantu pembelajaran bagi siswa di TSPM 088, sebuah sekolah di Kota Bengkulu. Proyek ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mempelajari dan memahami gerakan dasar pencak silat melalui media visual yang interaktif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah "Frame To Frame", yang memastikan adanya tahapan perencanaan, pra-produksi, produksi animasi, pengaturan timing, dan penyesuaian. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman pengguna tentang seni bela diri tradisional Indonesia.Kesimpulan dari pembuatan animasi 2D jurus dasar pencak silat sebagai media pembelajaran untuk siswa TSPM 088 di Kota Bengkulu menunjukkan bahwa proyek ini berhasil mengembangkan animasi 2D yang efektif dalam mengajarkan jurus dasar pencak silat. Animasi ini ditujukan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik, yang membantu siswa untuk lebih mudah dan jelas memahami serta mempraktikkan gerakan pencak silat. Penggunaan animasi sebagai alat bantu pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadikan proses belajar lebih menarik bagi siswa.

References

Y. Affandi, N. S. Nuryanto, and E. Mahendra, “Implementasi Metode Pose to Pose dalam Pembuatan Animasi 2D Gerakan Ruku ’ Shalat,” vol. XIV, pp. 12–16, 2019.

N. A. Octavia, A. Rachman, and R. A. Kurniawan, “Mengulik Keteguhan Hati Melawan Budaya Patriarki melalui Perancangan Karakter Animasi 2D Roro Mendut,” J. Desain, vol. 10, no. 2, p. 219, 2023, doi: 10.30998/jd.v10i2.13194.

M. Handayani, A. Abdullah, and D. Y. Prasetyo, “Animasi 2 Dimensi Frame by Frame untuk Edukasi Protokol Kesehatan Covid-19 kepada Masyarakat,” Abdiformatika J. Pengabdi. Masy. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 60–71, 2022, doi: 10.25008/abdiformatika.v2i2.166.

H. Kurniawan and N. N. Haniva, “Pembuatan Animasi 2D ‘Ngreksa Budaya’ Menggunakan Teknik Frame By Frame Dan Motion Graphic,” Respati, vol. 17, no. 3, p. 13, 2022, doi: 10.35842/jtir.v17i3.474.

I. A. Astika, “Pencak Silat (Surau Di Minangkabau),” Indones. Kilau Budaya Indones., vol. 3, no. 1, pp. 31–34, 2018.

U. I. Ar-raniry and B. Aceh, “PENGARUH PENCAK SILAT TAPAK SUCI TERHADAP SIKAP NASIONALISME PADA SISWA MTsS TGK CHIEK OEMAR DIYAN ACEH BESAR,” 2023.

P. Dan, P. Animasi, K. Lingkungan, and L. B. Masalah, “Pendahuluan Landasan Teori,” vol. 14, no. 04, pp. 54–57, 2013.

F. Hanif, I. N. S. Negara, and N. K. R. Astuti, “Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi Anak Di Pt. Pilar Kreatif Teknologi Di Denpasar,” Amarasi J. Desain Komun. Vis., vol. 3, no. 02, pp. 132–142, 2022, doi: 10.59997/amarasi.v3i02.1692.

J. Metodologi, “Rozani, M. R., Wahyudi, M., Mukhlis, F., & Ahmad, S. H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BERLATIH TAPAK SUCI DENGAN VR Digital Media in Martial Arts Learning A Literature Survey. Titen.pdf,” 2023.

R. A. Waskita and R. Fiati, “ANIMASI 3D TEKNIK-TEKNIK PENCAK SILAT BERBASIS ANDROID,” vol. 9, no. 1, pp. 121–128, 2018.

Teguh Setiadi, Edy Siswanto, and Muhamad Arif Darmawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Film 2 Dimensi dengan Mengunakan Metode Frame By Frame,” J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 25–32, 2022, doi: 10.55606/teknik.v2i1.148.

N. Sariana and H. P. Harahap, “Pembuatan Animasi 2 Dimensi untuk Meningkatkan Minat Belajar Perkalian pada Para Peserta didik Kelas 2 Sekolah dasar dengan Metode Frame By frame dan Metode Coss Line,” J. Pendidik., vol. 3, no. 1, 2017.

W. Pramono, M. Suyanto, and A. F. Sofyan, “Perbandingan Metode Frame By Frame Dan Expression,” no. November, pp. 1–2, 2017.

A. Firmansyah and M. P. Kurniawan, “Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame By Frame Berjudul ‘Kancil Dan Siput,’” J. Ilm. DASI, vol. 14, no. 04, pp. 10–13, 2013.

J. M. Purba, “Implementasi Metode Frame By Frame Untuk Perancangan Animasi 2D Aturan Berkendara Mobil Di Jalan Tol,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. …, vol. 4, pp. 290–295, 2020, doi: 10.30865/komik.v4i1.2708.

M. Handayani, A. Abdullah, and D. Y. Prasetyo, “Animasi 2 Dimensi Frame by Frame untuk Edukasi Protokol Kesehatan Covid-19

Downloads

Published

2025-07-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times