PEMBUATAN APLIKASI BETA UNTUK MENDUKUNG PEMASARAN HOME INDUSTRI KERIPIK UBI KAYU 3 SODARA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jtis.v8i2.8966Keywords:
Aplikasi Android, Kodular, Pemasaran Digital, UMKM, Keripik Ubi KayuAbstract
Kemajuan teknologi informasi yang pesat telah mendorong beberapa kemajuan teknonolgi yang sangat pesat pada zaman ini, Home industri "Keripik Ubi Kayu 3 Sodara" merupakan usaha keluarga yang berlokasi di Kota Manna, Bengkulu Selatan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah terbatasnya jangkauan pemasaran, yang selama ini hanya mencakup warung-warung sekitar rumah dan sekolah terdekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android yang dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran produk keripik ubi kayu tersebut. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem. Aplikasi dikembangkan menggunakan platform Kodular, sehingga memungkinkan pengembangan tanpa keterampilan pemrograman tingkat lanjut. Fitur utama yang disediakan meliputi katalog produk, pemesanan online, dan integrasi pembayaran digital. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat meningkatkan kemudahan akses informasi produk, memperluas jangkauan pemasaran, serta mempermudah proses transaksi antara produsen dan konsumen. Dengan demikian, aplikasi ini berpotensi memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan usaha kecil berbasis digital.
References
A. P. Wati, J. A. Martha, and A. Indrawati, “Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM,” Dedication J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 137–148, 2020, doi: 10.31537/dedication.v4i2.362.
H. Hartono, K. Hutomo, and M. Mayangsari, “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian,” Binus Bus. Rev., vol. 3, no. 2, p. 882, 2012, doi: 10.21512/bbr.v3i2.1271.
F. Fadli Shani, S. Riyanto, and A. Rahman Putera, “Pemanfaatan Aplikasi Digital Marketing Berbasis Android Sebagai Media Promosi Bisnis Utilization of Android-Based Digital Marketing Applica,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komunikas, pp. 41–46, 2020.
“Technologica |Vol.1|Halaman 43-53 Januari 2022,” vol. 1, pp. 43–53, 2022.
S. P. Collins et al., “No Title 済無No Title No Title No Title,” pp. 167–186, 2021.
M. R. dan T. S. E Eswanto, “Mesin Perajang Singkong Bagi Pengrajin Keripik,” Mekanik, vol. 5, no. 2, pp. 73–79, 2019.
L. R. Rinandiyana, D. L. Kusnandar, and A. Rosyadi, “Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android (Siapik) Untuk Meningkatkan Administrasi Keuangan Umkm,” Qardhul Hasan Media Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, p. 73, 2020, doi: 10.30997/qh.v6i1.2042.
Abdul Aziz Prianbogo and Veni Rafida, “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Android Dengan Aplikasi Kodular Pada Mobile Learning Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xi Bdp Smk,” J. Pendidik. Tata Niaga , vol. 10, no. 1, pp. 1669–1678, 2022.
A. Abdurrahman and S. Masripah, “Metode Waterfall Untuk Sistem Informasi Penjualan,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 95–104, 2017.
H. Wijayanto, B. D. Raharja, and I. A. Prabowo, “Perancangan Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Meningkatkan Promosi Produk pada CV Putra Nugraha,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 3, pp. 473–476, 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i3.7248.
C. A. Oktavia and R. Dewantara, “Implementasi Sistem Informasi Berbasis Android Untuk Promosi Dan Pemasaran Umkm Jamur Tiram,” Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 8, no. 2, p. 69, 2024, doi: 10.22373/cj.v8i2.26170.
R. Yanti, F. Annas, Y. E. Yuspita, G. Darmawati, and S. Artikel, “Implementasi Kodular dalam Perancangan Aplikasi Manajemen Inventaris Sekolah Berbasis Android Informasi Artikel ABSTRAK,” Intellect Indones. J. Innov. Learn. Technol., vol. 02, no. 02, pp. 185–200, 2023, [Online]. Available: https://10.0.223.167/intellect.v2i2.294 U. Kholifah and N. Imansari, “Pelatihan Membangun Aplikasi Mobile Menggunakan Kodular Untuk Siswa Smpn 1 Selorejo,” Abdimas Galuh, vol. 4, no. 1, p. 549, 2022, doi: 10.25157/ag.v4i1.7259.
V. Herlianti and K. Karpen, “Aplikasi Pemasaran Otak-Otak Kering Menggunakan Strategi Marketing Mix Berbasis Android,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 2, pp. 182–193, 2018, doi: 10.31849/digitalzone.v9i2.2018.
P. P. Adi, A. Fatullah, D. M. H. ri, and P. Winda, “Pengujian aplikasi point of sale berbasis web menggunakan black box testing,” J. Bina Komput., vol. 2, no. 1, pp. 74–78, 2020.









