Analisis Tipe-Tipe User Interface Dalam Meningkatkan Imersivitas Video Game Sesuai Genre Videogame
DOI:
https://doi.org/10.36085/jtis.v8i1.8928Keywords:
User Interface, immersivity, Videogame. Design. AnalysisAbstract
Perkembangan industri video game tidak hanya dipengaruhi oleh teknologi grafis dan narasi, tetapi juga oleh perancangan antarmuka atau User Interface (UI) yang efektif. UI berperan penting sebagai jembatan interaksi antara pemain dan sistem dalam game. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tipe-tipe UI yang digunakan dalam berbagai genre video game dapat memengaruhi tingkat imersivitas pemain. Setiap genre game seperti First-Person Shooter (FPS), Role- Playing Game (RPG), dan simulasi memiliki kebutuhan dan pendekatan UI yang berbeda, baik dari segi desain visual, fungsionalitas, maupun keterlibatan emosional pemain.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan studi kasus pada beberapa video game dari genre berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung gameplay (baik memainkan langsung maupun menonton di platform seperti YouTube), analisis ulasan dari media game (seperti IGN, dan Steam), serta eksplorasi diskusi komunitas pemain melalui forum daring seperti Reddit. Penelitian ini menganalisis bagaimana elemen-elemen UI seperti HUD, menu navigasi, ikon, dan indikator visual lainnya dapat menunjang atau menghambat pengalaman bermain yang imersif.
References
Kurniawan, D., & Lestari, P. (2023). Evaluasi Elemen UI dalam Meningkatkan User Engagement pada Game Mobile Berbasis Android. Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak.47.
Nugroho, A. (2020). Perancangan UI/UX pada Game Berbasis RPG untuk Meningkatkan Engagement Pemain. Jurnal Teknologi Dan Informatika.
Rahmawati, L. (2022). Desain Antarmuka Pengguna pada Game Edukasi Interaktif untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Interaktif.
Ramadhan, M., Chen, T., Poh, W., & David, L. (2022). Standardization in Interface Design to Increase Higher UI/UX in Game Levels Setup. 2022 IEEE 2nd International Conference on Mobile Networks and Wireless Communications
Saputra, R., & Dewi, M. (2021). Analisis Antarmuka Pengguna pada Game Simulasi dan FPS terhadap Kepuasan dan Imersi Pemain. Jurnal Game Dan Interaksi Digital.
Fathoni, K., Setiowati, Y. & Muhammad, R., 2020, ‘Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Satwa Untuk Anak Berbasis Mobile Augmented Reality’, JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 32.
Trepo, S., Al-Hassan, M., & Nguyen, L. (2024). Analyzing Genre-Specific Immersion in VR Gaming: Insights from Steam Reviews. Tampere University.
Umar, N., Yuyun, Y., & Gani, H. (2022). Generating Game Immersion Features for Immersive Game Selection. ILKOM Jurnal Ilmiah.
Lee, L.-G., & Chung, J.-H. (2022). A Study on User Evaluation of VR Games on Improving Visual Immersion. Journal of Digital Convergence, 20(2), 407–413 – membahas faktor teknis dan kontekstual yang memengaruhi imersi visual pada game VR. ([KoreaScience][4])
Huerta, O., Kus, A., Unver, E., Arslan, R., Dawood, M., Kofoğlu, M. & Ivanov, V., 2021, A Design-Based Approach to Enhancing Technical Drawing Skills in Design & Engineering Education Using VR and AR Tools.
Zamri, K., & Tan, H. (2022). Evaluating Educational Game via User Experience (UX) and User Interface (UI) Elements. EDUCATUM Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.37134/ejoss.vol8.sp.1.2022
Laine, T. H., & Suk, H. J. (2024). Investigating User Experience of an Immersive Virtual Reality Simulation Based on a Gesture-Based User Interface. Applied Sciences, 14(11), 4935 – mengevaluasi dampak UI gestural terhadap pengalaman imersif. ([KoreaScience][4], [SAGE Journals][2]) (gabungan relevansi UI & imersi).
Pinelle, D., Wong, N., & Stach, T. (2021). Heuristic evaluation for games: Usability principles for video game design. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems.
Brown, D., & Cairns, P. (2004). A grounded investigation of game immersion. In CHI '04 Extended Abstracts on Human Factors in Computing Systems (pp. 1297–1300). ACM..
Malaspina, M., Barbato, J. A., Cremaschi, M., Gasparini, F., Grossi, A., & Saibene, A. (2023). An experimental protocol to access immersiveness in video games. arXiv – studi ini menunjukkan bahwa tingkat imersivitas dipengaruhi tidak hanya oleh konten game tetapi juga oleh tampilan UI, dan menggunakan IEQ serta respons perilaku fisiologis untuk evaluasi. ([arXiv][1])
Isbister, K. (2020). How games move us: Emotion by design. MIT Press.
Norman, D. A. (2020). The design of everyday things (Revised and expanded ed.). Basic Books.
Sweetser, P., & Wyeth, P. (2020). GameFlow: A model for evaluating player enjoyment in games. Computers in Entertainment, 3(3), 1–24..
Rogers, S. (2020). Level up! The guide to great video game design (2nd ed.). Wiley.
Wibowo, A., & Nugroho, E. (2020). Analisis pengalaman pengguna terhadap antarmuka permainan digital. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(2), 259–268.