Animasi 3d sebagai Media Penyuluhan Keselamatan Berlalu Lintas

Authors

  • Muhammad Khoiruddin Universitas Muhamadiyah Bengkulu
  • Muhammad Imanullah universitas muhamadyah bengkulu
  • Marhalim universitas muhamadyah bengkulu
  • Ardi Wijaya universitas muhamadyah bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v8i1.8919

Keywords:

Animasi 3D, Keselamatan, Lalu Lintas, Media, Penyuluhan

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, terutama akibat kelalaian pengguna jalan, menuntut adanya media edukasi yang lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media penyuluhan keselamatan berlalu lintas berbasis animasi 3D sebagai alternatif metode konvensional yang dinilai kurang efektif. Proses pengembangan menggunakan metode Luther-Sutopo, yang meliputi enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Produk akhir berupa video animasi 3D berdurasi 3,21 menit yang menampilkan situasi nyata di jalan raya, khususnya di persimpangan dan bundaran yang sering menjadi titik rawan kecelakaan. Penyajian visual dan audio dibuat edukatif untuk mendorong kesadaran generasi muda terhadap pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Evaluasi melalui kuesioner terhadap 86 responden menunjukkan bahwa 98,8% (85 responden) menilai animasi menarik dan mudah dipahami, 96,5% (83 responden) menyatakan pesan tersampaikan dengan jelas, 96,5% (83 responden) merasa visual dan audio membantu pemahaman, 97,6% (84 responden) menilai lebih efektif dibandingkan metode konvensional, dan 98,8% (85 responden) merasa lebih sadar akan keselamatan lalu lintas, serta sebagian besar responden mengakses video penyuluhan keselamatan lalu lintas berbasis animasi 3D melalui media sosial Tiktok dan Instagram. Hasil ini membuktikan bahwa animasi 3D dapat menjadi media alternatif yang efektif, komunikatif, dan edukatif untuk mendukung keselamatan lalu lintas.

References

Amanda, S., Laksono, A., Nurafni, N. & Sinaga, O., no date, ‘Seni Rupa dan Desain Volume’, 40–47.

Apen Sitinjak, B., Dita Mahatmanti, A., Natalia, D., Putri, A., Zahra Majidiah, K., Teknik Informatika, J., Palangka Raya Jl Yos Sudarso, U. & Raya, P., 2023, Implementasi Augmented Reality Pada Pengenalan Hewan Menggunakan Univity dan Vuforia.

Arifin, A., & Rachmadyanti, P. (2022). Penerapan Blender sebagai alat bantu pembelajaran 3D interaktif. *Jurnal Teknologi dan Pendidikan*, 6(1), 22–30.

Asniati, H., Hamsinar & Dodiman, D., 2024, ‘Pengembangan Aplikasi Anatomi Hewan Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android’, Jurnal Ilmu Pendidikan Interaktif, 9(2), 55–63.

Darmawan, A.T.P., 2024, LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY.

Fathoni, K., Setiowati, Y. & Muhammad, R., 2020, ‘Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Satwa Untuk Anak Berbasis Mobile Augmented Reality’, JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 32.

Fauzi, M.I., 2024, LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF.

Firmansyahputra, B. & Cherid, A., 2020, ‘Aplikasi Multimedia Pengenalan Huruf Alfabet, Buah dan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality’, Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 9(3), 173.

Hakim, L., 2023, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS AUGMENTED REALITY.

Huerta, O., Kus, A., Unver, E., Arslan, R., Dawood, M., Kofoğlu, M. & Ivanov, V., 2021, A Design-Based Approach to Enhancing Technical Drawing Skills in Design & Engineering Education Using VR and AR Tools.

Humaira, N., Rahayu Teknik Komputer, S., Sukabumi Jl Babakan Sirna No, P., Warudoyong, K., Sukabumi, K. & Barat, J., 2020, Prosiding SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan).

Karni, A., Astarini, D. & Sa’adah, D.Z., 2024, ‘A Booklet based on Islamic Parenting to Prevent Sexual Violence for Children and The Implications on Counseling’, KONSELOR, 12(4), 259–272.

L.Maknun, 2024, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII B MTs NEGERI 1 GROBOGAN.

Mazroui, K. Al & Alzyoudi, M., 2024, ‘The role of ChatGPT in mitigating loneliness among older adults: An exploratory study’, Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(4).

Mirza, T., Dutta, R., Tuli, N. & Mantri, A., 2025, Leveraging augmented reality in education involving new pedagogies with emerging societal relevance, Discover Sustainability, 6(1).

Muhaimin, A. & Syaihul Huda, W., 2024, PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PENGENALAN NAMA HEWAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK TK, vol. 8.

Pramudita, 2024, REVISI PROPOSAL: JUDUL PENELITIAN PENGEMBANGAN PROTOTIPE SEPEDA MOTOR HIBRID MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK.

Putra, G., Prihatin, W.T., Semarang, U.N. & Prastyo, A.K., 2023, ‘ENHANCING EARLY CHILDHOOD LEARNING EXPERIENCE WITH AUGMENTED REALITY MODELING OF ANIMALS AND DEEP LEARNING Seftia Kusumawardani’.

Ritonga, I., Suryani, I. & Tambunan, E.P.S., 2023, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa SMA’, Jurnal Jeumpa, 10(2), 184–194.

Riduwan., 2012, Dasar-dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.

Rossa, A., 2024, LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY.

Saputra, R. & Suryanto, H., 2021, ‘Pengembangan Model 3D Menggunakan Blender untuk Pembelajaran IPA’, Jurnal Teknologi Pembelajaran, 10(2), 98–105.

Sugiyono., 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, F., Santosa, E.B. & Rejekiningsih, T., 2023, ‘Virtual Reality-Based Learning about “Animals Recognition” and Its Influence on Students’ Understanding’, 25(2), 269–284.

Suryani, I.D., 2023, PROSIDING SEMINAR NASIONAL JURUSAN MATEMATIKA 2023.

Tan, Y., Xu, W., Li, S. & Chen, K., 2022, Augmented and Virtual Reality (AR/VR) for Education and Training in the AEC Industry: A Systematic Review of Research and Applications, Buildings, 12(10).

Wibowo, V.R., Eka Putri, K. & Amirul Mukmin, B., 2022, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar’, PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58–69.

Yılmaz, Z.A. & Gözüm, A.İ.C., 2023, ‘Augmented reality app in pre-school education: Children’s knowledge about animals’, Southeast Asia Early Childhood Journal, 12(2), 130–151.

Z.Abidin, 2024, ‘Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000090_fullpdf’.

Downloads

Published

2025-02-20

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times