Penerapan Metode K-Means Untuk Menampilkan Tingkat Prestasi Siswa SDN 08 Kabupaten Lebong

Authors

  • Nandra Romelyan Universitas Dehasen Bengkulu
  • Indra Kanedi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Achmad Fikri Sallaby Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v6i3.5919

Abstract

Sekolah adalah tempat para pelajar untuk menempuh pendidikannya. Pada Sekolah dasar inilah merupakan jenjang pendidikan dasar pertama pada pendidikan formal. Tingkat prestasi siswa merupakan salah satu tolak ukur dari hasil pencapaian pelajar. Dengan tingkat prestasi dapat diketahui seberapa jauh seorang pelajar dapat menyerap dan memahami pelajaran yang dia dapatkan. Berdasarkan tingkat prestasi pelajar juga dapat diketahui keberhasil guru dalam menyampaikan materi. Banyakanya jumlah siswa yang cukup banyak tentunya pemantauan yang dilakukan secara manual tentunya kurang efektif, sehingga peserta didik yang nilai akademiknya baik jika dilakukan secara manual. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan metode untuk mengelompokkan peserta didik berprestasi. Salah satu metode pengelompokkan adalah Data Mining.Algoritma K-Means merupakan bentuk dari clustering yang membagi data kedalam satu atau lebih cluster. Dengan algoritma K-Means nilai akademik pelajar akan menjadi nilai centroid atau titik tengah suatu cluster.

Downloads

Published

2023-12-13

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 34 times