RANCANG BANGUN APLIKASI ABSENSI DAN PENGGAJIAN PADA KANTOR KPU MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS : KPU KABUPATEN BENGKALIS)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v3i3.1136

Abstract

Di KPU Kabupaten Bengkalis terdiri dari beberapa bidang salah satunya yaitu bidang umum. Salah satu tugas yang dikelola bagian umum ini adalah absensi dan penggajian. Proses absensi di kantor KPU Kabupaten Bengkalis dilakukan secara konvensional  dimana karyawan yang bekerja di kantor KPU Kabupaten Bengkalis harus menandatangani kolom absen kehadiran yang sudah tersedia di bagian umum. Untuk perekapan data absensi perbulan dilakukan setiap akhir bulan yang diinput oleh operator bagian umum di Microsoft Excel. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall. Pada tahap ini akan dilakukan analisa kebutuhan, desain sistem, coding dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL, pengujian program yang dilakukan yaitu black box, dan terakhir penerapan program. Kesimpulan yang diperoleh adalah aplikasi untuk proses rekap data absensi dan penggajian yang sebelumnya hanya menggunakan cara menandatangani absen yang dikelola admin kemudian admin akan menginput data absen di Microsoft Excel dan merekap gaji perkaryawan. Aplikasi ini memiliki dua bagian yaitu admin dan karyawan (pegawai dan honorer). Aplikasi Absensi dan Penggajian Pada Kantor KPU dapat melakukan penginputan data  pegawai, honorer dan absen yang akan menghasilkan rekap absensi dan penggajian secara berkala (perhari,perbulan dan pertahun).

References

Firdaus. 2014. Sistem Informasi Akademik (SIA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cendana Padang Panjang dengan Menggunakan Bahasa Pemograman yang Berbasis Object Oriented Programming (OOP) (Studi Kasus SMK Cendana Padang Panjang). Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Padang, Jurnal KOMTEKINFO, Vol. 1, No. 2.

Rahmalisa, U., Irawan, Y., & Wahyuni, R. (2020). Aplikasi Absensi Guru Pada Sekolah Berbasis Android Dengan Keamanan Qr Code (Studi Kasus: Smp Negeri 4 Batang Gansal). Riau Journal Of Computer Science, 6(2), 135-144.

Harison & Syarif,Ahmad.(2016).“Sistem Informasi Geografis Sarana Pada Kabupaten Pasaman Baratâ€, Jurnal TEKNOIF, Vol. 4 No. 2 ISSN: 2338-2724. Padang: Institut Teknologi Padang.

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak) ade, vol.iv(no.2), 107 116.

Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: Andi.

Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Radillah, T., Widodo, P. P., & Linarta, A. (2017, November). Aplikasi Optimalisasi Layanan Kunjungan Rutan Klas IIB Dumai Berbasis Sms Auto Response (SAR). In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 150-164).

Irawan, Y., Rahmalisa, U., & Aprilia, U. (2019). Sistem Database Pemasyarakatan Studi Kasus Lapas Kelas II A Pekanbaru. Journal of Technopreneurship and Information System, 2(2), 59-67.

Lestari, G.S dan Novianti, (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Absensi Karyawan Pada PT. XYZ, Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, Vol. 7 No. 2 .

Luthfi, F. (2017). Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID, Jurnal JISKA, Vol. 2, No.1.

Downloads

Published

2021-02-03
Abstract viewed = 572 times