Human Capital Transformation in the Implementation of Knowledge Sharing System Based on Shared Language and Social Interaction in Higher Education
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsai.v8i1.7911Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana transformasi human capital mahasiswa dapat mendukung penerapan KSS dengan mempertimbangkan shared language dan social interaction sebagai faktor utama dalam knowledge sharing. Metode penelitian yang digunakan adalah survei daring dengan 420 responden mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengukur hubungan antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shared language dan social interaction berpengaruh signifikan terhadap tacit dan explicit knowledge sharing, yang pada akhirnya berdampak pada human capital mahasiswa. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi tentang komponen tacit knowledge sharing memiliki kontribusi lebih besar dalam meningkatkan human capital dibandingkan explicit knowledge sharing. Dari hasil penelitan, faktor shared language dan social interaction memainkan peran penting dalam memperkuat knowledge sharing system di perguruan tinggi. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam perancangan strategi untuk meningkatkan pengelolaan dan transfer pengetahuan di lingkungan pendidikan tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vina Ayumi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.