Analisis Layanan Aplikasi Pemesanan Tiket Perjalanan Berdasarkan Faktor Pendukung Purchase Intention
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsai.v7i1.6446Abstract
Aplikasi pemesanan tiket perjalnan ini harus memiliki kualitas dari segi perspektif produk agar dapat meningkatkan purchase intention oleh pengguna. Purchase intention dari layanan aplikasi dapat dilihat dari beberapa faktor antara lain usabilitas (usability), harga (price), kemudahan penggunaan (ease of use), complementarity dan hiburan (entertainment). Penelitian ini akan mengusulkan model penelitian untuk identifikasi kualitas layanan aplikasi online travel booking berdasarkan perspektif produk untuk meningkatkan purchase intention berdasarkan analisis dataset yang dikumpulkan dari sampel responden. Dari hasil pengumpulan data, dari total 1267 kuesioner yang dikumpulkan hanya memperoleh 1029 kuesioner yang valid. Model diuji menggunakan skor tingkat signifikan two-tails sebesar 0,05 untuk pengujian hipotesis. Menurut analisis data, faktor complementary memiliki pengaruh terbesar purchase intention dengan nilai uji-t sebsar 6,771. Selain itu, faktor entertainment memiliki pengaruh terbesar kedua dengan t-nilai 5.334. Faktor usability memiliki pengaruh terhadap purchase intention terbesar ketiga nilai uji-t 4.620. Faktor ease of use memiliki pengaruh terbesar keempat dengan nilai uji-t 3.641.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mariana Purba, Sri Dianing Asri, Handrie Noprisson, Marissa Utami, Lemi Iryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.