Analisis dan Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Learning Management System Menggunakan Metode PIECES Framework
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsai.v7i1.6081Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna terhadap Learning Management System (LMS) menggunakan metode PIECES Framework. LMS telah menjadi komponen krusial dalam pendidikan modern, memfasilitasi pengelolaan konten pembelajaran dan interaksi antara pengajar dan peserta didik. Evaluasi kepuasan pengguna terhadap LMS sangat penting untuk memastikan efektivitasnya dalam mendukung proses pembelajaran. Metode PIECES Framework digunakan sebagai landasan untuk menganalisis lima dimensi utama, yaitu Kinerja (Performance), Integrasi (Integration), Ekonomi (Economy), Kontrol (Control), Efisiensi (Efficiency), dan Keamanan (Security) dari LMS. Penelitian ini mengumpulkan data melalui survei, wawancara, dan observasi untuk mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang pengalaman pengguna. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMK Maarif NU 2 Ajibarang. Penelitian ini memakai angket dengan metode PIECES Framework. Hasil analisa memakai rumus interval kelas dan rumus mean. Pengukuran tersebut diambil dari indikator pertanyaan kuesioner yang dikelompokkan sangat buruk atau buruk. Hasilnya membuktikan bahwa kualitas LMS SMK Maarif NU 2 Ajibarang dengan indikator baik, buruk, sangat buruk, sangat baik, dan cukup. Hasil penelitian ini akan disajikan kepada pengelola SMK Maarif NU 2 Ajibarang. Sesudah diadakan penelitian, terlihat bahwa LMS SMK NU 2 Maarif memiliki mutu yang baik menurut standar Framework PIECES
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Raden Sumantri, Rofi Taufiqurrohman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.





