Penerapan Pendekatan Metakognitif pada Mobile-Learning Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Boga Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsai.v7i1.5911Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile-learning sebagai media pembelajaran berbasis android yang sesuai kebutuhan dan kurikulum yang berlaku dengan menerapkan pendekatan metakognitif, serta mengetahui pengaruh pengguna mobile-learning untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pelajaran boga dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D dengan model ADDIE dan metode pengembangan sistem Prototyping. Aplikasi ini menyediakan interaksi dari siswa sebagai pengguna untuk melakukan latihan-latihan simulasi pembelajaran yang tergabung dalam fitur ruang belajar sehingga dapat menunjang pembelajaran boga dasar serta menyediakan soal-soal evaluasi pembelajaran. Berdasarkan uji prestasi pemahaman yang dilakukan pada 64 siswa di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, didapatkan hasil signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) dari pre-test dan post-test uji wilxicon signed-rank, maka Ha diterima yang menunjukkan bahwa penerapan pendekatan metakognitif dalam mobile-learning sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap aspek pemahaman siswa mengenai pembelajaran boga dasar. Penggunaan fitur-fitur pendekatan metakognitif dalam aplikasi mobile-learning membantu siswa memantau pemahamannya.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Pendekatan metakognitif, Mobile-learning, Android, Pre-test, Post-test, Boga Dasar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Putri Rahayu, Desi Andreswari, Aan Erlansari, Boko Susilo

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.





