Implementasi Metode MD5 dan QR Code Untuk Pembuatan ID Card Dosen Dan Karyawan Fakultas Teknik Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Authors

  • Muhammad Husni Rifqo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Firmansyah Firmansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v2i3.401

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin meningkat, dalam kehidupan masyarakat teknologi informasi hampir mencakup kesemua bidang termasuk kedalam perusahaan atau instansi pendidikan. Bahkan merupakan suatu keharusan bagi perusahaan atau instansi pendidikan akan ketersediaan informasi yang sudah terkomputerisasi. Hampir semua perusahaan sekarang ini menggunakan kartu identitas (ID Card) pada pegawainya sebagai identitas yang membedakan dengan perusahaan yang lain, banyak keuntungan yang didapat dari pemakaian sistem ID Card yang terintegrasi dengan absensi dan database perusahaan. Karena hal ini dapat meningkatkan motifasi dan kinerja pegawai. Akan tetapi kita sangat jarang menemukan pemakaian ID Card pada perguruan tinggi khususnya di daerah Provinsi Bengkulu, entah apa karena belum ada ID Card atau sudah ada tapi masih enggan untuk memakainya. Harapan dari pembuatan ID Card yang menggunakan QR Code ini dapat menarik minat untuk menggunakannya khususnya di fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pembuatan ID Card ini menggunakan tools Delphi 7 dan terintegrasi dengan microsoft acces sebagai database yang nantinya diharapkan bisa digunakan untuk sistem absensi. Kemudian menggunakan metode MD5 sebagai pengamanan dari ID Card agar tidak mudah dipalsukan. Penulis memilih QR Code karena didalamnya bisa menyimpan informasi sehingga semua data bisa dirahasiakan. Kedepan akan lebih baik jika digunakan bersama sistem absensi yang selama ini masih menggunakan sistem sidik jari.

Kata Kunci: Id card, QR code, MD5, UMB

References

R. Syahdan and E. Anitasari, "Penggunaan QR Code dengan Enkripsi Vigenere Cipher dalam Pengamanan Data," UNY, Yogyakarta, 2017.

M. L. Sholeh and L. A. Muharom, "SMART PRESENSI MENGGUNAKAN QR-Code DENGAN ENKRIPSI VIGENERE CIPHER," Limits, vol. 13, no. 2, pp. 31-44, 2016.

A. Hidayat, B. Y. M and E. Paulus, "KRIPTOGRAFI HILLCHIPHER DIGUNAKAN DALAM SISTEM KEAMANAN PADA TIKET DENGAN TEKNOLOGI QR-CODE," Siliwangi, vol. 3, no. 1, pp. 167-171, 2017.

Y. Apridiansyah and M. H. Rifqo, "APLIKASI KEAMANAN LEMBAR HASIL STUDI MENGGUNAKAN ALGORITMA MESSAGE DIGEST 5 Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu," Pseudecode, vol. II, no. 2, pp. 107-114, 2015.

S. C. Nugroho, "Optimized Dictionary Attack on MD5 Algortihm," CITEE 2018, pp. 113-117, 2018.

M. H. Rifqo and A. Wijaya, "IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM PENENTUAN PEMBERIAN KREDIT," Pseudecode, vol. IV, no. 2, pp. 120-128, 2017.

W. Y. Diningrum and M. Hardjianto, "Implementasi One Time Password(OTP) dengan Algoritma Message Digest 5 (MD5) pada Sistem Login E-Learning," Jurnal TICOM, vol. 6, no. 3, pp. 160-164, 2018.

Sumarno, I. Gunawan, H. S. Tambunan and E. Irawan, "ANALISIS KINERJA KOMBINASI ALGORITMA MESSAGE-DIGEST ALGORTIHM 5 (MD5), RIVEST SHAMIR ADLEMAN (RSA ) DAN RIVEST CIPHER 4 (RC4) PADA KEAMANAN E-DOKUMEN," Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima, vol. 2, no. 1, pp. 41-48, 2018.

Y. T. Widayati, "APLIKASI TEKNOLOGI QR ( QUICK RESPONSE ) CODE IMPLEMENTASI YANG UNIVERSAL," OMPUTAKI, vol. 3, no. 1, pp. 66-81, 2017.

Downloads

Published

2019-11-28
Abstract viewed = 359 times