PEMANFAATAN WEBGIS UNTUK PELAYANAN PENGADUAN PELANGGAN PDAM
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsai.v5i2.3363Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo memilik tugas untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat luas di wilayah Kota Gorontalo. Kendala yang sering terjadi pada PDAM Kota Gorontalo saat ini adalah banyaknya komplain pelanggan yang masuk seperti kebocoran pipa, air tidak mengalir, air kotor, dan tekanan air lemah, menjadi kendala umum yang terjadi, terlebih ketika layanan pengaduan untuk saat ini hanya ketika petugas sedang berada di lokasi ataupun melalui call center. Hal ini dinilai kurang efektif dalam menerima pengaduan yang bersifat teknis dari konsumen, sehingga PDAM membutuhkan waktu lama dalam pendataan secara manual untuk menentukan titik lokasi dan data pelanggan. Tujuan pada penelitian ini adalah merancang aplikasi yang dapat membantu PDAM Kota Gorontalo dalam layanan pengaduan untuk menentukan titik lokasi dan data detail pelanggan yang melakukan Komplain.
Hasil penelitian ini nantinya akan diimplementasikan pada PDAM Kota Gorontalo maksud untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengaduan terhadap kendala yang dihadapi, sehingga dapat mempermudah pihak PDAM Kota Gorontalo dalam menentukan lokasi dan melakukan perbaikan
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.