Analisis Traffic pada Jaringan LAN Menggunakan MikroTik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v4i3.2011

Abstract

Jaringan komputer maupun jaringan internet saat ini memiliki peranan penting dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, baik dilakukan dalam proses belajar-mengajar, pekerjaan, maupun aktivitas masyarakat. Kendala yang dihadapi salah satunya adalah terkait lalu lintas data yang nantinya akan berkaitan erat dengan kecepatan akses internet. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis lalu lintas data (traffic) yang ada dan menemukan pengaturan terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan merata menggunakan perangkat Router Mikrotik. Menggunakan metode pengembangan system NDLC (Network Development Life Cycle). NDLC merupakan model yang mendefinisikan siklus proses perancangan atau pengembangan suatu system jaringan komputer dimana mempunyai elemen yang mendefinisikan fase, tahapan, langkah atau mekanisme proses spesifik. Kesimpulan yang dapat diambil dari evaluasi sistem jaringan ini adalah; Semua Jaringan komputer kabel dapat dimanajemen dengan mikrotik, Pembagian Bandwidth internet dengan mikrotik memberikan efisiensi pemakaian bandwidth internet, Sistem keamanan jaringan yang diberikan oleh mikrotik dapat terfasilitasi dengan baik. Dengan adanya mikrotik, maka dapat diketahui jika adanya PC yang tidak dapat melakukan koneksi atau sedang down. Hasil analisis menunjukkan angka Max in: 675.62 Kb, Average in: 127.08 Kb, Current in: 66.68 Kb, Max Out: 173.88 Kb, Average Out: 24.88 Kb, Current Out: 14.78 Kb.

References

] Binanto, Iwan. 2017. Membangun Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

] Dhanta, Rizky. 2009. Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: Indah.

] Rasyid, B.A., Solikin dan Sularsa, A., 2011, Realisasi Monitoring Server Menggunakan Nagios Dengan Memanfaatkan Event Handler, email dan SMS Gateway, ACADEMIA Politeknik Telkom, edisi September 2011, Lembaga Penelitian Politeknik Telkom, Bandung

] Daulay, Melwin Syafrizal. 2017. Mengenal Hardware Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer. Yogyakarta: Andi.

] Listanto, Virgiawan. 2019. Teknik Jaringan Komputer. Jakarta: Prestasi Pustaka. Sofana, Iwan. 2018. Cisco CCNA dan Jaringan Komputer. Bandung: Informatika Yani, Ahmad. 2019. Jaringan Komputer. Jakarta: Kawan Pustaka.

] Hardana & Ino Irvantino, 2017, “Konfigurasi Wireless Routerboard Mikrotikâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta.

] Prihantoro, C., & Witriyono, H. (2019). Perancangan Client Server Three Tier Pada Pembangunan Web Service Anggota Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS), 2(2), 68-73.

] Prihantoro, C., & Witriyono, H. (2017). IMPLEMENTASI SKALA MINIMUM CLOUD COMPUTING KATEGORI SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS) PADA INSTITUSI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus: Unit Pelayanan Terpadu Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu-UPT TIK UMB). Pseudocode, 4(2), 129-136.

] Fatoni. (2017). Analisis Quality of Service(QoS) Jaringan Local Area Network pada Universitas Bina Darma, Jurnal Magister Teknik Informatika Universitas Binadarma Palembang.

] Kamarullah, A. Hafiz. (2016). Penerapan Metode QoS pada Jaringan Traffic yang Padat, Jurnal Jaringan Komputer Universitas Sriwijaya.

] Mitra, Aditya Rama dan Sherly Mariana. (2019). Analisis dan Penerapan Quality of Service dengan Pembagian Bandwidth Berdasarkan Port Pada Jaringan WiFi UPH, Jurnal Program Studi Teknik Komputer Universitas Pelita Harapan.

] Etsi. (2018). Telecommunication and Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON) General aspect of Quality of Service (QoS).

] O. Shimonski, The Wireshark Field Guide : Analyzing and Troubleshooting Network Traffic, Syngress, 2019.

] Anagnostakis, K.G.; Ioannidis, S. ; Miltchev, S. ; Greenwald, M. ; Smith, J.M. (University of Pennsylvania), "Efficient

] Packet Monitoring for Network Management" Proceedings of the 8th IEEE/IFIP Network Operations and Management Symposium (NOMS), 2002

] Cisco Systems, " Simple Network Management Protocol", Internetworking Technologies Handbook, Chpt 56, 1992—2006

] Orebaugh, A. et al. Wireshark & Ethereal Network Protocol Analyzer Toolkit, Syngress Publishing, 2006

Downloads

Published

2021-12-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 367 times