E-LEARNING MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KOTA GORONTALO

Authors

  • Hariati Husain universitas ichsan
  • Citra Yustitya Gobel Universitas Ichsan Gorontalo
  • Zufriato K. Dunggio STMIK Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v4i3.1814

Abstract

Mata Pelajaran Simulasi Digital sebagai salah satu mata pelajaran yang dipelajari di SMK Negeri 3 Gorontalo pada kurikulum 2013. Simulasi Digital merupakan Mata Pelajaran pada jurusan TKJ, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan dan dan Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti [1]. Dalam Penelitian ini di rumuskan permasalahan yang terjadi adalah Kurangnya interaksi antara siswa dan guru karena keterbatasan waktu penyampaian materi saat berada di sekolah sehingga sebagian besar siswa cenderung pasif dalam mengemukakan pendapan dan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternative solusi pemecahan masalah dengan mengembangkan konsep pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu aplikasi e-learning pada mata pelajaran simulasi digital sehingga siswa memiliki peluang belajar lebih setelah mendapatkan materi dikelas, aplikasi dirancang guna mendukung proses pembelajaran secara konvensional. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Aplikasi E-Learning berbasis Webiste ini dapat membatu guru dalam malakukan interaksi lebih aktif dengan siswa meskipun  diluar jam mata pelajaran dengan cara memantau proses evaluasi yang diberikan guru mellaui media E-Learning,  dan Pembuatan Pengembangan Metode Pembelajaran berbasis E-Learning ini terdiri dari beberapa form input yakni inputan data Guru, data Siswa, Data Kelas, Data Materi, Data Tugas, Data Evaluasi dari sisi server dan inputan Pengisian Proses Evaluasi dari sisi client yang dibuat sesuai kebutuhan user

References

A. Ambarwari, "Pengembangan E-Learning pada mata pelajaran produktif TKJ berbasis efron virtual learning di SMK negeri 2 Malang," Malang, 2013.

A. I. K. Winaya , I. G. M. Darmawiguna and I. G. P. Sindu, "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 13, no. 2, p. 184, 2016.

M. Nofendra, Surmayanti and M. Pratiwi, "Perancangan Aplikasi E-Learning Mata Pelajaran Fisika Kelas 3 IPA DI SMAN 2 Lubuk," Jurnal teknologi, vol. 8, no. 2, pp. 55-62, 2018.

e. susanti and M. Soleh, "Rancang Bangun Aplikasi E-Learning," Journal Teknologi, vol. 1, no. 1, 2008.

H. Jaya, "Pengembangan Laboratorium Virtua untuk kegiata praktikum dan Dan memfasilitasi pendidikan Karakter DI SMK," Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2, no. 1, 2012.

A. Kadir, Pemrograman Web : HTML, CSS, Javascript, dan PHP, Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

A. D. Kasman, Kolaborasi Dahsyat Android Dengan PHP & MySQL, Yogyakarta: Lokomedia, 2003.

S. Betha, Pemograman Web PHP, Bandung: Informatika Bandung, 2011.

S. Dharwiyanti, "Pengantar Unified Modeling Language (UML)," 2003.

A. Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika Bandung, 2013.

Jogiyanto, Analisis dan Design System, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Downloads

Published

2021-12-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 171 times