Pengenalan Motif Batik Besurek Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Authors

  • Dwita Deslianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Pahrizal Pahrizal Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v4i2.1702

Abstract

Pada umumnya pengetahuan tentang beragam motif batik besurek belum di kenal luas terutama masyarakat Bengkulu, “putri pariwisata Bengkulu, Oktri, di stand Batik besurek arena Expo 2016â€. Hal ini disebabkan karena belum adanya mediator yang memberikan informasi mengenai batik secara mendetail dan mudah dimengerti. Adapun Informasi saat ini yang didapat hanya berdasarkan gambar, dimana keterbatasan gambar hanya satu dimensi dan informasi didalam gambar masih sangat terbatas. Dari permasalahan tersebut maka penulis akan membahas bagaimana memberikan informasi mengenai Motif Batik Besurek secara mendetail dan mudah dimengerti dengan teknik augmented reality berbasis android. Berdasrkan hasil inisialisasi marker dan hasil uji coba yang dilakukan diukur mengugnakan metode Black Box didapatkan hasil 92% berhasil untuk mengenali berdasarkan inisialisasi marker yang dilakukan.

References

Y. Brasilka, Ernawati, and D. Andreswari, “klasifikasi citra batik besurek berdasarkan ekstraksi fitur tekstur menggunakan jaringan syaraf tiruan self organizing map (som),†J. Rekursif, vol. 3, no. 2, 2015.

T. A. Ronald, “A Survey Of Augmented Reality, Teleoperator and Virtual Environments,†Hughes Res. Lab. Dept Comput. Sci. UNC, 2008.

S. H. Nazruddin, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2011.

H. Gunawan, “Tingkatan Versi Android,†https://haiwiki.info/teknologi/urutan-tingkatan-versi-sistem-operasi-android/, 2016. .

S. Dharma, “Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan,†http://belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan, 2012. .

S. Rizky, Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

N. Cholid, Metodelogi Penelitian. 2008.

John, “Metode Pengujian dalam Perangkat Lunak,†http://johns1987.wordpress.com/2013/11/22/3-metode-pengujian-dalamperangkat-lunak/, 2013. .

Rahillah, Pengertian Dari Aplikasi. Jakarta, 2013.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 172 times