Implmentasi Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Handphone di Toko Mardha Cell

Authors

  • Muthia Khanza Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rozali Toyib Toyib Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Onsardi Onsardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v4i2.1674

Abstract

Pemesanan barang oleh toko yang tidak terencana menyebabkan banyaknya penumpukkan barang dari jenis tertentu saja dan kekurang stok barang untuk produk yang lainnya karena tidak melihat prilaku pembelian yang terjadi setiap waktu tertentu sehingga banyak terjadi transaksi yang tidak bisa dilakukan menyebabkan kerugian yang besar bagi usaha dalam meningkatkan pemasaran barang dan terjadi stok berlebihan, dengan menggunakan Algoritma Apriori yang menyatukan teknik pembelajaran mesin  dan pengolahan statistik dan database  yang memungkinkan pengambilan informasi database yang besar dari data transaksi-transaksi yang dilakukan (prilaku Konsumen) dalam pembelian produk sehingga memungkinkan bagi took untuk menyediakan produk-produk yang diminati konsumen porsinya lebih banyak berdasarkan nilai support dan confidence minimum berdasarkan kesamaan antar produk. Berdasarkan hasil pengujian selama 6 bulan terakhir dengan minimum support dan confidence type yang banyak dibeli C15, 8apro => A12 dengan nilai confidence 80,43% serta A1k => A12 dengan nilai confidence 85,71%,  kelebihan algoritma ini adalah mempunyai kemampuan komputasi yang lebih besar dan kelemahannya harus selalu dilakukan tahap scanning yang berulang di setiap iterasinya membutuhkan waktu yang lama

Keywords:Booking,Stock, Apriori Algorithm, Support, confidence

References

C.Pradeepkumar and S.Loganathan, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ),†Int. J. Sci. Eng. Res. (IJ0SER), vol. 3, no. 4, pp. 120–127, 2015.

B. R. 3) Kennedi Tampubolon 1), Hoga Saragih 2), “IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PERSEDIAAN ALAT-ALAT KESEHATAN,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 1, p. 14, 2013, doi: 10.1017/S0079497X00014341.

N. Wandi, R. A. Hendrawan, and A. Mukhlason, “Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori,†J. Tek. ITS, vol. 1, pp. 1–5, 2012.

D. Fitriati, “Implementasi Data Mining untuk Menentukan Kombinasi Media Promosi Barang Berdasarkan Perilaku Pembelian Pelanggan Menggunakan Algoritma Apriori,†Pros. Annu. Res. Semin. 2016, vol. 2, no. 1, pp. 472–480, 2016, doi: 979-587-626-0.

R. Toyib, “Telematik : Vol 7, No 1,Januari 2015 1539,†vol. 7, no. 1, pp. 1539–1548, 2015.

N. A. Hasibuan et al., “Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout,†vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.

R. Yanto and H. Di Kesuma, “Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2017, doi: 10.35957/jatisi.v4i1.83.

R. Dewantara, D. Sa, and R. Cahyana, “Penerapan Algoritma Association Rule Pada Sistem Rekomendasi Untuk Menunjang Pemasaran Hasil Pertanian,†pp. 147–154.

A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.

N. Lestari, “Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan,†Edik Inform., vol. 3, no. 2, pp. 103–114, 2017, doi: 10.22202/ei.2017.v3i2.1540.

J. M. Informatika, “Pengertian Basis Data ( 1 ) Pengertian Basis Data ( 2 ) Pengertian Basis Data ( 3 ),†pp. 1–13, 2007.

A. Andoyo and R. Rianto, “Program Aplikasi Nilai Siswa Pada SMK Muhammadiyah Pringsewu Sebagai Penunjang Pengambilan Keputusan Siswa Berprestasi Menggunakan Visual Basic 6 . 0,†J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 5, no. 2, pp. 58–65, 2015.

O. Onsardi, M. Muntahanah, and R. Toyib, “Penerpan Algoritma Binary Search Dalam Pencarian Data Potensi Investasi Di Kabupaten Seluma Dengan Smartphone,†JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 3, no. 3, pp. 129–136, 2020, doi: 10.36085/jsai.v3i3.1160.

S. A. Wulandari, “Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu,†J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 4, no. 0, pp. 41–47, 2017.

Y. Aneta, “SISTEM PENJUALAN KREDIT,†vol. 00226020, no. 3, pp. 1–8, 2015.

pengertian penjualan) S.Kom, Ridwan Iskandar, “Pengertian Penjualan,†Skripsi Pengertian Penjualan, vol. XVI, no. 1, p. 40, 1991.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 535 times