PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CIRI – CIRI MAHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN HIDUPNYA DI KELAS III SD NEGERI 01 SELUMA

Authors

  • Ilmiati Ilmiati
  • Pitri Ilian Kusmadi

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v2i1.160

Abstract

Abstract - So far, the delivery of teaching and learning activities still uses conventional methods or face to face (lectures). With this method effective and efficient goals are not achieved so that it requires interactive multimedia-based learning media. Computer as one of the ICT products is considered appropriate to be used as a tool in learning, various kinds of learning approaches are packaged in the form of computer-based learning programs or Computer Assisted Instruction (CAI). With the development of ICT in this learning, so that the expository method is felt to be inadequate. The purpose of this study is to produce learning media characteristic of living things for third grade students of SD Negeri 01 Seluma. The benefits of this learning media is to be a solution to the learning process that is effective, interesting and more fun and facilitates student learning.

Keywords: Learning Media, Interactive

 

Abstrak - Selama ini dalam penyampaiana kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode konvensional atau tatap muka (ceramah). Dengan metode tersebut tidak tercapai tujuan yang efektid dan efisien sehingga dibutuhkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Komputer sebagai salah satu produk TIK dinilai tepat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, berbagai macam pendekatan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk program pembelajaran berbentuk komputer atau Computer Assisted Instruction (CAI). Dengan berkembangnya TIK dalam pembelajaran ini, sehingga dengan metode ekspositori dirasakan belum memadai.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran ciri- ciri mahluk hidup untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Seluma. Manfaat media pembelajaran ini adalah menjadi solusi proses pembelajaran yang efektif, menarik dan lebih menyenangkan serta memudahkan proses belajar siswa.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Interaktif 

References

DASAR KELAS IV . Wibowo, Endro Joko. s.l. : Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, 2013.

Chandra. Multimedia PC. Jakarta : P.T. Elex Media Komputido, 1999.

PERANCANGAN GAME PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN HTML 5 BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. Agusdi Syafrizal, Rio Andika, Ade Permadi Panggabean. Yogyakarta : Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2018.

Aplikasi Pengenalan Tempat Wisata Propinsi Bengkulu Menggunakan Teknologi Augmented Reality (Video Playback) Berbasis Android. Agusdi Syafriza, Muhammad Husni Rifqo, Miri Ardiansyah. s.l. : JTIS, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2019-01-29
Abstract viewed = 355 times