Rancang Bangun Aplikasi E-learning Pada SMP N 2 Busalangga
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsai.v4i1.1331Abstract
Perkembangan Teknologi saat ini berkembang begitu pesat, hampir semua aspek kehidupan manusia semua menggunakan teknologi. Kebutuhan akan satu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI semakin lebih maju yang kemudian dikenal dengan sebutam E-learning ini membawa pengaruh terjadinya transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contens) dan sistemnya. E-learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. Dengan teknologi informasi ini dapat berperan sebagai yang menyediakan informasi antara siswa dan pelajar, sumber belajar dan sarana untuk mengefektifkan evaluasi pembelajaran. SMP Negeri 2 Busalangga sebagai salah satu sekolah negeri yang proses kegiatan belajar mengajarnya masih menggunakan cara konvensional. Untuk mendidik para siswa atau anak didiknya dalam menghadapi ujian nasional maka para guru atau pihak sekolah selalu mengadakan bimbingan belajar atau try out, pra ujian nasional di luar jam sekolah. Dibutuhkan suatu system yang dapat mempermudah proses belajar mengajar di sekolah antara siswa dan guru, yaitu e-learning. Hasil yang didapat berupa media website e-learning yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar berbasis IT
Â
Kata Kunci : E-learning, Informasi,Sekolah,Website
References
Koran, Jaya Kumar C., “Aplikasi E-learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysiaâ€.Hany, Kamarga, Belajar Sejarah Melalui E-learning. Jakarta [ID]: PT.Intimedia, 2002.
Rosenberg, M.. E-learning: Strategies for delivering knowledge in thedigital age, McGraw-Hill, New York Glossary of E-Learning Terms [US]: Learn Frame.Com. 2001
Rusman, Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta [ID]: Raja Grafindo Persada. 2010
Prayitno,A dan Safitri,Y, “Pemanfaatan sistem informasi perpustakaan digital bebasis website untuk para penulisâ€, IJSE Indonesia Journal on Software Engineering vol 1 no 1, 2015
Alexander F. K. Sibero, Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta [ID]: Mediakom, 2011
Saputra, A.â€Membangun Aplikasi bioskop dan sms untuk panduan skripsiâ€, Jakarta [ID] : PT Elex Media Komputindo, 2013
Sugiyono,â€Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&Dâ€, Bandung, Alfabeta, 2013
Sukamto, Ariani,S dan Shalahuddi, M, Rakayasa perangkat lunak, Bandung, 2016.
http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/c042843a-033c-e111-b912-c39f1b047145/ diakses pada tanggal 26 januari 2021.
https://www.kompasiana.com/tasyaevitania1021/5dbe94b2d541df298a6140e2/pengertian-dan-tujuan-bimbingan-belajar-serta-ragam-masalah-belajar-dan-faktor-penyebabnya-terhadap-prestasi-belajar-siswa?page=all/ diakses tanggal 26 januari 2021
Overton, T, Assessing Learners with Special Needs. Pearson, New Jersey, 2010
Wijaya dan Fransisca, Try Out Simulation Test Untuk Persiapan Siswa Menghadapi Ujian, Journal Of Business Adn Audit Information System, Vol. 1, No 2, 2018
Cangelosi, J, Merancang Tes Untuk Menilai Prestasi Siswa, ITB,Bandung, 2007.
Tilaar, H,A, Standarisasi Pendidikan Nasional, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
Astuti, R, Penggunaan Paradigma SOA ( Service Oriented Architecture) Untuk Merealisasikan Interoperabilitas Dan Integritas Sistem Informasi, Media Infomatika, Vol 11, No 1, 2012