Rancang Bangun Aplikasi E-learning Pada SMP N 2 Busalangga

Authors

  • Jimi Asmara STIKOM Uyelindo Kupang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v4i1.1331

Abstract

Perkembangan Teknologi saat ini berkembang begitu pesat, hampir semua aspek kehidupan manusia semua menggunakan teknologi. Kebutuhan akan satu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI semakin lebih maju yang kemudian dikenal dengan sebutam E-learning ini membawa pengaruh terjadinya transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contens) dan sistemnya. E-learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. Dengan teknologi informasi ini dapat berperan sebagai yang menyediakan informasi antara siswa dan pelajar, sumber belajar dan sarana untuk mengefektifkan evaluasi pembelajaran. SMP Negeri 2 Busalangga sebagai salah satu sekolah negeri yang proses kegiatan belajar mengajarnya masih menggunakan cara konvensional. Untuk mendidik para siswa atau anak didiknya dalam menghadapi ujian nasional maka para guru atau pihak sekolah selalu mengadakan bimbingan belajar atau try out, pra ujian nasional di luar jam sekolah. Dibutuhkan suatu system yang dapat mempermudah proses belajar mengajar di sekolah antara siswa dan guru, yaitu e-learning. Hasil yang didapat berupa media website e-learning yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar berbasis IT

 

Kata Kunci : E-learning, Informasi,Sekolah,Website

Author Biography

Jimi Asmara, STIKOM Uyelindo Kupang

Program Studi Sistem Informasi STIKOM Uyelindo Kupang

References

Koran, Jaya Kumar C., “Aplikasi E-learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysiaâ€.Hany, Kamarga, Belajar Sejarah Melalui E-learning. Jakarta [ID]: PT.Intimedia, 2002.

Rosenberg, M.. E-learning: Strategies for delivering knowledge in thedigital age, McGraw-Hill, New York Glossary of E-Learning Terms [US]: Learn Frame.Com. 2001

Rusman, Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta [ID]: Raja Grafindo Persada. 2010

Prayitno,A dan Safitri,Y, “Pemanfaatan sistem informasi perpustakaan digital bebasis website untuk para penulisâ€, IJSE Indonesia Journal on Software Engineering vol 1 no 1, 2015

Alexander F. K. Sibero, Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta [ID]: Mediakom, 2011

Saputra, A.â€Membangun Aplikasi bioskop dan sms untuk panduan skripsiâ€, Jakarta [ID] : PT Elex Media Komputindo, 2013

Sugiyono,â€Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&Dâ€, Bandung, Alfabeta, 2013

Sukamto, Ariani,S dan Shalahuddi, M, Rakayasa perangkat lunak, Bandung, 2016.

http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/c042843a-033c-e111-b912-c39f1b047145/ diakses pada tanggal 26 januari 2021.

https://www.kompasiana.com/tasyaevitania1021/5dbe94b2d541df298a6140e2/pengertian-dan-tujuan-bimbingan-belajar-serta-ragam-masalah-belajar-dan-faktor-penyebabnya-terhadap-prestasi-belajar-siswa?page=all/ diakses tanggal 26 januari 2021

Overton, T, Assessing Learners with Special Needs. Pearson, New Jersey, 2010

Wijaya dan Fransisca, Try Out Simulation Test Untuk Persiapan Siswa Menghadapi Ujian, Journal Of Business Adn Audit Information System, Vol. 1, No 2, 2018

Cangelosi, J, Merancang Tes Untuk Menilai Prestasi Siswa, ITB,Bandung, 2007.

Tilaar, H,A, Standarisasi Pendidikan Nasional, Rineka Cipta, Jakarta, 2008

Astuti, R, Penggunaan Paradigma SOA ( Service Oriented Architecture) Untuk Merealisasikan Interoperabilitas Dan Integritas Sistem Informasi, Media Infomatika, Vol 11, No 1, 2012

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 196 times