TRANSFORMASI KURIKULUM MELALUI INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI DAERAH PEDESAAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/jrips.v4i2.8578Abstract
Kurikulum tidak hanya berorientasi pada kognitif, tetapi juga memuat nilai-nilai lokal, menjadi alternatif strategis dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi kurikulum melalui integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta dampaknya terhadap karakter sosial siswa. Penelitian dilakukan di SD Negeri Seuneubok Lapang, Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal seperti gotong royong, kepedulian terhadap lingkungan, tanggung jawab, dan kerja sama ke dalam proses pembelajaran secara kontekstual. Praktik pembelajaran yang dilakukan antara lain adalah menanam tanaman obat tradisional, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, serta mengenal fungsi tumbuhan dalam kehidupan masyarakat. Selain meningkatkan pemahaman akademik siswa terhadap materi IPA, strategi ini juga memperkuat karakter sosial melalui pengalaman nyata.Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam kurikulum merupakan pendekatan yang relevan dan berkelanjutan dalam membentuk karakter sosial peserta didik.