TRANSFORMASI KURIKULUM MELALUI INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI DAERAH PEDESAAN

Authors

  • Jauharil Maknuni akademi Keuangan Perbankan Nusantara
  • Desy Sary Ayunda Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Malikussaleh
  • Sri Safiatuddin Fakultas Tarbiyah, UIN Ar-Raniry
  • Irdalisa Pendidikam Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA
  • Nauwal Aufa Peradaban Islam dan Dialeg Budaya, Ez-zaitouna University, Mellasine, Tunis,Tunisia

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v4i2.8578

Abstract

Kurikulum tidak hanya berorientasi pada kognitif, tetapi juga memuat nilai-nilai lokal, menjadi alternatif strategis dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi kurikulum melalui integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta dampaknya terhadap karakter sosial siswa. Penelitian dilakukan di SD Negeri Seuneubok Lapang, Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal seperti gotong royong, kepedulian terhadap lingkungan, tanggung jawab, dan kerja sama ke dalam proses pembelajaran secara kontekstual. Praktik pembelajaran yang dilakukan antara lain adalah menanam tanaman obat tradisional, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, serta mengenal fungsi tumbuhan dalam kehidupan masyarakat. Selain meningkatkan pemahaman akademik siswa terhadap materi IPA, strategi ini juga memperkuat karakter sosial melalui pengalaman nyata.Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam kurikulum merupakan pendekatan yang relevan dan berkelanjutan dalam membentuk karakter sosial peserta didik.

 

Author Biographies

Desy Sary Ayunda, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Malikussaleh

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Malikussaleh

Sri Safiatuddin, Fakultas Tarbiyah, UIN Ar-Raniry

Fakultas Tarbiyah, UIN Ar-Raniry

Irdalisa, Pendidikam Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA

Pendidikam Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA

Nauwal Aufa, Peradaban Islam dan Dialeg Budaya, Ez-zaitouna University, Mellasine, Tunis,Tunisia

Peradaban Islam dan Dialeg Budaya, Ez-zaitouna University, Mellasine, Tunis,Tunisia

Downloads

Published

06/30/2025

How to Cite

Maknuni, J. ., Ayunda, D. S. ., Safiatuddin, S. ., Irdalisa, & Aufa, N. . (2025). TRANSFORMASI KURIKULUM MELALUI INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI DAERAH PEDESAAN. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 4(2), 109–119. https://doi.org/10.36085/jrips.v4i2.8578

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times