MEDIA PEMBELAJARAN BINTARYA (BINGO TATA SURYA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Siska Paramita SDN Jelambar 03 Pagi
  • Irdalisa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Ade Hikmat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Mega Elvianasti Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v4i2.8093

Abstract

Pencapaian pembelajaran IPA pada abad ke-21 akan diwijudkan dengan melakukan reformasi mutu pendidikan, membantu perkembangan peserta didik dan salah satunya meningkatkan motivasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) pada materi tata surya untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih melalui cluster sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket, dengan validitas ditentukan oleh indeks Aiken dan reliabilitas dinilai menggunakan koefisien alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) mengalami peningkatan pada motivasi belajar peserta didik, sebelum mendapat perlakuan sebesar 56,7 % dan setelah perlakuan rata-rata skor meningkat menjadi 93,3 %. Hasil analisis yang mengukur motivasi belajar memiliki motivasi rendah sebanyak 2 orang atau 6,7%, motivasi sedang sebanyak 27 atau 90%, dan motivasi tinggi sevabyak 1 atau 3,3%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan Media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) sudah cukup baik dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar mata pelajaran IPA.

Downloads

Published

06/30/2025

How to Cite

Paramita, S., Irdalisa, Hikmat, A., & Mega Elvianasti. (2025). MEDIA PEMBELAJARAN BINTARYA (BINGO TATA SURYA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 4(2), 67–76. https://doi.org/10.36085/jrips.v4i2.8093

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times