STRATEGI PEMASARAN BAGI PROGRAM GADAI EMAS DAN CICIL EMAS SYARIAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PORTOFOLIO PEMBIAYAAN BSI KC ADAM MALIK BENGKULU
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pemasaran yang efektif untuk program gadai emas dan cicil emas syariah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan portofolio pembiayaan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan mengoptimalkan kedua produk tersebut. Data primer dan sekunder penelitian ini berasal dari laporan keuangan BSI mengenai kinerja pembiayaan gadai dan cicil emas syariah dan wawancara dengan karyawan dan nasabah perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua produk BSI tersebut sangat diminati masyarakat karena menggunakan skema syariah dan didukung oleh reputasi positif mereka sebagai bank syariah terbesar di Indonesia. Dan meskipun demikian, promosi konvensional seperti brosur dan mulut ke mulut masih menjadi fokus strategi pemasaran BSI untuk kedua produk tersebut tidak ada iklan digital yang dibuat oleh BSI untuk program gadai dan cicil emas syariah. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang disarankan mencakup optimalisasi platform digital, pengembangan aplikasi mobile untuk program gadai dan cicil emas syariah, dan membangun kolaborasi dengan pasar emas terkenal. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang inovatif ini, diharapkan dapat meningkatkan portofolio pembiayaan BSI dengan menarik pelanggan baru untuk produk gadai dan cicil emas syariah.
Kata kunci : strategi pemasaran, gadai emas syariah, cicil emas syariah, Bank Syariah Indonesia