SOSIALISASI MANAJEMEN WAKTU DAN KEUANGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 SD NEGERI 8 BENGKULU SELATAN

Authors

  • Fadilatunnisa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Manajemen Waktu, Keuangan, Motivasi Belajar.

Abstract

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu dan keuangan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 8 Bengkulu Selatan. Sosialisasi dilakukan melalui metode ceramah, tanya jawab, dan kuis untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya pengelolaan waktu dan keuangan. Metode ceramah menyampaikan informasi dasar dan konsep dasar, sementara sesi tanya jawab dan kuis direncanakan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan memperkuat pemahaman mereka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah mengikuti sosialisasi. Siswa yang memahami cara ,mengelola waktu dan keuangan menunjukan sikap lebih disiplin dan bertanggung jawab, dan berdampak positif pada prestasi akademik mereka. Sosialisasi ini menegaskan penggunaan metode pendekatan interaktif, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga motivasi mereka untuk belajar lebih baik dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk tantangan di masa depan. Dengan demikian, sosialisasi manajemen waktu dan keuangan dapat menjadi alat yang efektig untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.

References

Fridayani, J. A., Riastuti, A., & Jehamu, M. A. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Journal of Business Management Education, 7(3), 1–8.

Gresik, K., Gresik, K., Wicaksono, M., Syauqi, M., Ghalih, A., & Febrianto, D. (n.d.). sosialisasi manajemen waktu dan keuangan di sd muhammadiyah kompleks gresik (desa pulo pancikan kecamatan gresik kabupaten gresik). 380–384.

Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25–32. https://doi.org/10.9744/pemasaran.7.1.25-32

Margaretha, E., & Nisa, K. (2021). Motivasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Di Desa Sei Kepayang Tengah. Comunitaria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–32.

Muhammad Yusnan, S. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61–71. Retrieved from https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC

Nuraini, R., Anggian, L. A. S., Susiani, I. W., Qomariyah, D. L., & Sadidal, M. F. (2023). Penyuluhan Tentang Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Anak. Jurnal ISC: Islamic Science Community, 2(1), 36–44.

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan Melalui Menabung Pada Anak Usia Dini Di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(1), 14–20.

Sopiatin, P., & Sikumbang, R. (2010). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa.

Published

2025-12-03

Issue

Section

Edisi Desember Vol 5 No 3 2025
Abstract viewed = 0 times