PUISI SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENANGGGULANGAN SAMPAH
Kata Kunci:
puisi edukasi, pengabdian masyarakat, sampah, sekolah dasar, literasi lingkungan.Abstrak
Permasalahan sampah di lingkungan sekolah dasar masih menjadi tantangan yang perlu diatasi dengan pendekatan kreatif dan edukatif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kesadaran siswa SD 53 Kota Bengkulu terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan melalui media sastra, khususnya puisi. Metode pelaksanaan dilakukan secara partisipatif dengan tahapan: pemberian edukasi singkat mengenai jenis dan dampak sampah, pembacaan puisi bertema lingkungan oleh guru, serta pembacaan puisi secara bergiliran oleh siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa kelas VI antusias mengikuti proses, mulai dari menyimak materi hingga berpartisipasi dalam pembacaan puisi. Selain meningkatkan keterampilan berbahasa, kegiatan ini juga menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan berekspresi, serta kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian, puisi terbukti dapat menjadi media efektif dalam mendukung pendidikan lingkungan sekaligus memperkuat pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Program pengabdian ini diharapkan menjadi inspirasi bagi guru dan sekolah lain untuk mengintegrasikan kreativitas bahasa dan sastra dalam menanamkan nilai peduli lingkungan sejak dini.
Referensi
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). Jakarta: KLHK.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Panduan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Jakarta: Kemendikbudristek.
Lingga, A. (2024). Pengelolaan sampah dan tantangan lingkungan di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Spesifik. Jakarta: Sekretariat Negara.
Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (6th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Suryaningsih, F., & Nugraha, A. (2021). Literasi lingkungan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 115–124.
United Nations Environment Programme. (2022). Waste management outlook for Asia and the Pacific. Nairobi: UNEP Publishing.
Utami, R. D., & Prasetyo, H. (2020). Peran sastra anak dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45–58.
World Health Organization. (2024). Compendium of WHO and other UN guidance on health and environment. Geneva: WHO Press.
Wulandari, S., & Ramadhan, T. (2022). Integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(3), 233–241.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). Jakarta: KLHK.
Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (6th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Suryaningsih, F., & Nugraha, A. (2021). Literasi lingkungan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 115–124.
Utami, R. D., & Prasetyo, H. (2020). Peran sastra anak dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45–58.
Wulandari, S., & Ramadhan, T. (2022). Integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(3), 233–241.








